New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street ditutup lebih tinggi pada Senin (Selasa pagi WIB), karena laporan laba mantap dari Halliburton dan lain-lainnya memulai pekan musim laba triwulanan tersibuk.

Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 40,71 poin (0,25 persen) menjadi 16.449,25, lapor AFP.

Indeks berbasis luas S&P 500 naik 7,04 poin (0,38 persen) menjadi 1.871,89, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 26,03 poin (0,64 persen) menjadi 4.121,55.

Peter Cardillo, kepala ekonom pasar di Rockwell Global Capital, mengatakan laba perusahaan-perusahaan sejauh ini cukup kuat untuk menstabilkan pasar. "Sejauh ini kekecewaan menjadi cukup terbatas."

Dari perusahaan-perusahaan di S&P 500, 159 perusahaan akan melaporkan laba pada pekan ini, menjadikannya minggu tersibuk dengan laporan laba kuartalan, Goldman Sachs mengatakan dalam sebuah catatan.

Art Hogan, kepala strategi pasar di Wunderlich Securities, mengatakan investor terdorong setelah akhir pekan berlalu tanpa ketegangan yang memburuk signifikan antara Rusia dan Ukraina.

"Ini pasar yang ingin bergerak lebih tinggi pada tidak adanya guncangan eksternal," kata Hogan. "Dengan fokus pada fundamental, saya pikir pasar ini memiliki ruang untuk bergerak lebih tinggi."

Laba operasi di Halliburton naik menjadi 73 sen per saham, dua sen lebih baik dari ekspektasi. Perusahaan melaporkan peningkatan pendapatan yang kuat di sebagian besar wilayah, termasuk Amerika Utara dan Timur Tengah/Afrika, membuat kenaikan untuk mengimbangi penurunan di Amerika Latin.

Saham Halliburton naik 3,3 persen. Saham perusahaan jasa minyak lainnya juga beruntung, termasuk Baker Hughes naik 2,8 persen dan Schlumberger bertambah 1,9 persen.

Ford Motor merosot 0,1 persen menyusul laporan bahwa Alan Mulally kemungkinan akan mundur sebagai kepala eksekutif pada 2014 dan digantikan oleh kepala operasi Mark Fields.

Sebuah laporan bahwa raksasa farmasi Pfizer sedang mempertimbangkan 100 miliar dolar AS pengambilalihan perusahaan Inggris saingannya, AstraZeneca, mengangkat saham Pfizer naik 2,0 persen. Sementara saham AstraZeneca di AS naik 8,8 persen.

Kimberly-Clark, yang membuat ketas tisu dan Huggies di antara produk perawatan pribadi lainnya, turun 1,4 persen meskipun labanya mengalahkan satu sen pada 1,48 dolar AS per saham. Tetapi penjualannya menyusut satu persen dari tahun lalu menjadi 5,28 miliar dolar AS, di bawah proyeksi para analis sebesar 5,32 miliar dolar AS.

Pembuat mainan Hasbro melaporkan laba per saham 14 sen dibandingkan dengan harapan 10 sen. Pendapatannya datang di 679,5 juta dolar AS, di bawah 690,2 juta dolar AS yang diproyeksikan oleh para analis. Saham Hasbro naik 1,9 persen.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah AS tetap stabil di 2,72 persen, tingkat yang sama seperti Kamis. Pada obligasi 30-tahun naik lebih tinggi menjadi 3,53 persen dari 3,52 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014