Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengimbau para artis dan figur publik ikut membantu promosi wisata dalam negeri dengan lebih sering mempublikasikan perjalanan wisata domestik dan mengurangi publikasi tentang perjalanan ke luar negeri.

"Ini penting karena masyarakat apalagi generasi muda cenderung meneladani apa yang artis lakukan," kata Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tazbir di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan masih banyak destinasi wisata di dalam negeri yang belum diketahui publik, yang justru lebih bagus dibandingkan objek wisata di luar negeri.

Bantuan para artis dan figus publik yang punya pengaruh besar terhadap masyarakat, menurut dia, sangat penting dalam sosialisasi destinasi wisata yang belum terkenal di dalam negeri.

"Kami sendiri berupaya untuk mempromosikan pariwisata dalam negeri dan misi kami secara nasional adalah memobilisasi wisatawan antar daerah sekaligus mengupayakan agar masyarakat kita tidak terlalu banyak bepergian ke luar negeri," katanya.


Upaya menarik

Tazbir mengatakan pemerintah juga mendorong dan menggelar banyak kegiatan budaya di berbagai daerah yang selama ini menjadi daya tarik wisatawan.

"Kita anggarkan Rp30 miliar untuk promosi dalam negeri termasuk untuk menggerakkan perjalanan wisatawan nusantara," katanya.

Pemerintah memasang target bisa menggerakkan 252 juta wisatawan nusantara ke daerah-daerah tujuan wisata domestik tahun ini.

Menurut buku Satu Dasawarsa Membangun untuk Kesejahteraan Rakyat yang dirilis oleh Sekretariat Kabinet, perjalanan wisatawan nusantara sepanjang meningkat signifikan dari 202,7 juta perjalanan pada 2004 menjadi 245,2 juta perjalanan pada 2012.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014