Jakarta (ANTARA News) - Selasa ini manajer Manchester United David Moyes dipecat setelah Keluarga Glazer yang pemilik klub ini menyatakan mengakhiri kontrak sang pelatih.

Di luar beberapa aspek negatif yang disorot darinya, David Moyes tercatat memiliki hal-hal positif seperti memberi kesempatan pemain muda Adnan Januzaj dan memperpanjang kontrak Wayne Rooney yang nyaris pindah.

Tapi itu tidak cukup mengangkat United, terlebih dia memiliki sejumlah hal yang dianggap cacat oleh beberapa kalangan, diantaranya kolumnis bola The Telegraph, Mark Ogden.

Berikut sembilan hal yang disebut Ogden sebagai faktor-faktor yang mendorong Moyes dipecat, dikutip dari laman The Telegraph.

1. Merombak staf pelatih
Moyes memecat tim pelatih Manchester United terdiri dari Mike Phelan, Rene Meulensteen dan Eric Steele yang digantikan oleh staf pelatih asal Everton yang belum berpengalaman.

2. Mendatangkan Marouane Fellaini
Moyes telah berusaha memperkuat skuadnya pada musim panas tahun lalu namun kelambanannya membuat dia ditolak Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, Leighton Baines dan Cesc Fabregas. Dia hanya bisa mendatangkan Fellaini yang terbukti menjadi bencana.

3. Mengeluh di awal kompetisi
 Kendati mewarisi sebuah klub yang menjadi juara dengan terpaut 11 poin dari penguntit terdekatnya, pada jumpa pers pertamanya Moyes mengeluhkan laga berat yang dihadapi timnya di awal musim.

4. Robin van Persie
Kendati keduanya membantah berselisih, friksi van Persie dengan Moyes adalah salah satu faktor kunci gagalnya sang manajer menangani tim. Van Persie tidak terlalu bersemangat dilatih Moyes.

5. Menjagokan Liverpool
Moyes menyebut Liverpool favorit juara setelah mengalahkan United 3-0 di Old Trafford. Ini membuat marah penggemar MU karena The Red adalah musuh utama mereka.

6. Meminjamkan Wilfried Zaha
Pemain ini didatangkan dengan harga transfer senilai 12 juta dolar AS di masa Alex Ferguson Januari tahun lalu,  namun Moyes tak memberinya kesempatan dengan malah meminjamkannya kepada Cardiff.

7. Taktik
Para penggemar MU yang terbiasa dengan pola bermain mengalir semasa era Ferguson jenuh oleh taktik defensif dan negatif Moyes sehingga MU tidak sering menang.

8. Perlakuan terhadap Ryan Giggs
Pemain veteran United ini tidak terlalu menjadi pilihan Moyes musim ini kendati dia tampil mengesankan kalau diturunkan.  Meski dipromosikan menjadi staf pelatih, Giggs jarang terlihat berkomunikasi dengan Moyes.

9. Dikalahkan Manchester City dan Liverpool
United kalah kandang 0-3 dari kedua pesaing beratnya ini.  Moyes membuat marah pendukung United setelah kalah dari City malah berkata para pendukung MU mesti menghormati City.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014