Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan wilayah Jakarta dan sekitarnya mulai memasuki pancaroba dengan temperatur tinggi di siang hari dan hujan lebat sesaat pada sore atau malam hari.

"Akhir April diperkirakan Jakarta sudah masuk kemarau," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya usai membuka Sosialisasi BMKG kepada media massa di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan siang hari udara terasa sangat panas, dalam waktu singkat akan mengumpulkan awan dan hujan lebat akan turun sore atau malam hari, namun singkat saja.

"Hujannya biasanya lebat, tapi hanya sebentar kemudian berhenti," ujar dia.

Namun, menurut dia, meski memasuki musim kemarau, bukan berarti tidak ada hujan sama sekali di Jakarta. "Hujan tetap ada, tapi tidak sebanyak saat musim hujan," katanya.

Ia menggolongkan normal untuk hujan lebat sore atau malam hari dalam beberapa hari terakhir di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kecuali kalau ada badai tropis di utara itu mungkin akan berpengaruh, tapi selebihnya normal," ujar dia.

Namu musim kemarau di wilayah lain akan berbeda-beda waktunya. "Di Aceh bahkan sudah ada wilayah yang sejak Januari lalu memasuki musim kemarau," kata Andi.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014