Menurut saya secara pribadi, target realistis dan peluang paling bagus adalah menawarkan cawapres kepada partai lain. Itu realistis dan pragmatis,"
Semarang (ANTARA News) - Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat Dino Patti Djalal menilai target realistis partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah menawarkan calon wakil presiden kepada partai lain.

"Menurut saya secara pribadi, target realistis dan peluang paling bagus adalah menawarkan cawapres kepada partai lain. Itu realistis dan pragmatis," kata Dino di sela-sela kegiatan safari politiknya di Semarang, Selasa.

Dino mengatakan bahwa Demokrat lebih mudah menawarkan figur cawapres daripada mengusung capres sendiri. Perhitungannya, dengan mengusung capres sendiri artinya Demokrat perlu meyakinkan partai lain untuk memberikan dukungannya.

"Akan tetapi, kalau Demokrat tetap mengusung capres sendiri dengan menciptakan poros baru, ya, mungkin saja," ujar dia.

Sebagai peserta konvensi capres Demokrat, dia hanya berupaya bersaing sebaik-baiknya dengan menyuarakan gagasan untuk pembangunan bangsa ini.

Adapun langkah dan kebijakan partai, kata dia, sepenuhnya menjadi kewenangan Susilo Bambang Yudhoyono selaku pimpinan partai.

"Saat ini benar-benar Pak SBY yang bermain catur. Saya meyakini beliau sangat fokus beberapa hari ini," kata Dino.

Sebelumnya, Dino membeberkan peta koalisi Demokrat akan terang benderang awal Mei nanti, atau setelah rangkaian proses konvensi selesai dilaksanakan pada tanggal 27 April mendatang. Pada saat itu Demokrat akan menentukan sikapnya di dalam kontestasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.(*)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014