Tujuh sudah dibuka, tinggal 20 yang belum."
Medan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara baru menghitung surat suara untuk tujuh kabupaten dan kota pada hari pertama rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di Medan, Selasa.

Hingga rapat pleno ditutup Selasa malam menjelang pukul 23.00 WIB, kotak baru berasal dari Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Asahan, Pakpak Bharat, Nias, Nias Utara, Serdang Bedagai, dan Kota Gunung Sitoli.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Benget Silitonga mengatakan, disebutkan keterbatasan waktu, pihaknya baru dapat menghitungan surat suara dari tujuh kabupaten/kota.

Sedangkan kotak suara yang telah tiba dalam ruang rapat pleno yang dilaksanakan di salah satu hotel berbintang di Medan tersebut sebanyak 27 kabupaten/kota.

"Tujuh sudah dibuka, tinggal 20 yang belum," katanya.

Ia menambahkan, dengan keberadaan 33 kabupaten/kota di Sumut, berarti ada enam daerah lagi yang belum menghadirkan kota suara untuk Pemilu 2014 tersebut.

Pihaknya memperkirakan kotak suara dari enam kabupaten/kota tersebut akan tiba di ruang rapat pleno KPU Sumut pada Rabu (23/4).

"Kotak suara dari enam kabupaten/kota itu sudah di jalan," katanya.

Ia menambahkan, keterlambatan kotak suara dari enam kabupaten/kota tersebut disebabkan adanya masalah teknis seperti keharusan menjalankan rekomendasi Panwaslu untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang.

"Jadi, dinamika di lapangan sangat dinamis," ujar Benget. (I023/Z002)

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014