New York (ANTARA News) - Saham-saham di Wall Street berakhir menguat pada Selasa (Rabu pagi WIB) didukung laporan laba positif dan transaksi besar sektor farmasi, membawa kenaikan beruntun hari keenam untuk S&P 500 dan indeks komposit Nasdaq .

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 65,12 poin (0,40 persen) menjadi ditutup pada 16.514,37 pada Selasa, hari ketiganya berturut-turut membukukan keuntungan.

Indeks S&P 500 bertambah 7,66 poin (0,41 persen) ditutup pada 1.879,55, sementara Nasdaq meningkat 39,91 poin (0,97 persen) menjadi 4.161,46.

Serangkaian kesepakatan antara raksasa farmasi Novartis, GlaxoSmithKline dan Eli Lilly menggabungkan total aset lebih dari 20 miliar dolar AS.

Selain itu laporan-laporan laba yang mantap atau kuat antara lain datang dari Comcast, Lockheed Martin, Netflix, Travelers dan Xerox.

"Jika Anda melihat pasar secara keseluruhan, kami melihat banyak kejutan dalam hal laba," kata David Levy, manajer portofolio di Kenjol Capital Management.

"Sentimen pasar tampaknya telah berubah jauh lebih positif," katanya seperti dilansir kantor berita AFP.

Levy mengatakan saham teknologi telah muncul kembali sebagai pemimpin setelah melemah untuk sebagian besar Maret dan awal April, termasuk di antaranya Facebook yang naik 2,9 persen, Tesla Motors naik 7,0 persen dan Gilead Sciences bertambah 1,8 persen.

Nilai saham perusahaan video streaming Netflix melonjak 7,0 persen karena laba kuartalannya melampaui satu miliar dolar AS dan perusahaan menambah empat juta pelanggan baru.

Valeant Pharmaceuticals, yang dengan dukungan aktivis pemegang saham William Ackman menawarkan untuk mengambilalih pembuat Botox, Allergan, senilai lebih dari 45 miliar dolar AS, sahamnya naik 7,5 persen sedang Allergan membukukan kenaikan 15,3 persen.

Anggota Dow, McDonald, melaporkan penurunan keuntungan 5,2 persen menjadi 1,2 miliar dolar AS, diterjemahkan menjadi 1,26 dolar AS per saham, tiga sen di bawah ekspektasi. Saham McDonald merosot 0,4 persen.

Laba Comcast datang di 68 sen per saham pada pendapatan sebesar 17,4 miliar dolar AS, mengalahkan estimasi analis pada hitungan keduanya. Perusahaan mengatakan siaran Olimpiade Sochi oleh unitnya NBCUniversal "sangat sukses." Saham Comcast naik 1,9 persen.

Perusahaan sel surya SunEdison melonjak 11,9 persen setelah laporan bahwa investor David Einhorn dari Greenlight Capital telah mengambil posisi di perusahaan.

Harga obligasi bervariasi. Imbal hasil pada obligasi 10-tahun pemerintah AS naik tipis menjadi 2,73 persen dari 2,72 persen pada Senin, sementara pada obligasi 30-tahun AS turun menjadi 3,50 persen dari 3,53 persen. Harga dan imbal hasil obligasi bergerak terbalik.

(Uu.A026)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014