Jakarta (ANTARA News) - Ternyata anak muda Indonesia lebih mementingkan sebuah rekomendasi orang terdekat saat akan menentukan tujuan wisata mereka.

Pernyataan tersebut ada di survey yang dilakukan Tripadvisor awal bulan April 2014 ini. Saat seseorang mengunggah foto atau informasi di media sosial, itu juga bisa menjadi rekomendasi untuk orang menentukan tujuan wisata.

"Rule of social platform itu berpengaruh. Social platform itu yang membuat permintaan (pada travel)," jelas Prasti Nidya Putri, Partnership Executive, APAC Tripadvisor, saat ditemui di sebuah acara di Jakarta, Rabu.

Prasti juga menyebutkan survey ini mengambil kesimpulan dua hal yaitu konektivitas tentang informasi dan aksesibilitas.

Ada tiga karakteristik utama pengguna online travel di Indonesia adalah muda, sosial, dan mobile.

"Sisi keempat yang ingin diangkat adalah instan. Instan tidak melulu artinya cepat. Instan di sini berarti mereka pengen pergi ke suatu tempat dengan mudah dan akses ke informasi dengan gampang," tambahnya.

Setelah mendapatkan informasi yang cukup, kebanyakan orang Indonesia akan mengolah semua informasi yang ia dapat dan baru memilih ia akan pergi kemana.

Survey tersebut juga menyebutkan bahwa kebanyakan anak muda Indonesia lebih senang mengeluarkan uang untuk tinggal di hotel dibandingkan tinggal gratis di rumah teman ataupun keluarganya.

Pewarta: Novina Bestari
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014