Kendari (ANTARA News) - Sebanyak 13 calon anggota legislatif perempuan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, lolos menjadi anggota DPRD Kendari berdasarkan hasil pleno KPU Kendari, 20-21 April lalu.

"Caleg perempuan yang berhasil duduk di DPRD Kendari ini mewakili lima dapil yang ada di Kendari," kata Ketua KPU Kendari Hayani Imbu di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, untuk dapil I Kendari meliputi Kecamatan Kendari dan Kendari Barat, dari sembilan kursi terdapat enam orang perempuan yakni Suri Sahriah dan Noviana dari Demokrat, Normadiah Banawula dari Nasdem, Hennyu Handayani Latjinta dari PDIP, Fitri Rifai dari PKS, dan Nining Saranani dari Gerindra.

Selanjutnya untuk dapil II Kendari meliputi Kecamatan Poasia dan Abeli, dari enam kuota kursi terdapat satu perempuan yakni Rusyawati dari PPP.

Untuk dapil III Kendari terdiri Kecamatan Kambu dan Baruga, dari lima kuota kursi DPRD, terdapat satu perempuan yakni Rostina Tarimana dari PKS.

Dapil IV Kendari yang terdiri Kecamatan Kadia dan Wuawua, dari tujuh kuota kursi DPRD Kendari, terdapat satu perempuan yakni Hamida Sudu dari Hanura.

Sedangkan dapil V Kendari, dari delapan kuota kursi, terdapat empat perempuan yakni Gunartin dari PKB, Nurlin Surunudin dari Golkar, Siti Nurham dari PAN, dan Suri Zamzam dari Demokrat.

Menurut Hayani, dengan perolehan 13 kursi dari total 35 kursi, maka legislator perempuan di DPRD Kendari periode 2014-2019 melebihi 30 persen.

Pewarta: Suparman
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014