Baturaja, Sumatera Selatan, (ANTARA News) - Calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan untuk DPR-RI yang sudah meninggal, ternyata pada Pemilu 9 April lalu masih dipilih warga dengan perolehan suara yang tinggi dibandingkan caleg lainnya.

Berdasarkan data pleno di KPU Ogan Komering Ulu (OKU) dihimpun Antara, Kamis, hasil sementara yang mengejutkan caleg atas nama H Nuriswanto dari Partai Gerindra untuk DPR-RI yang sudah meninggal dunia sejak beberapa bulan lalu. Di Kecamatan Lubukraja ia menang telak memproleh 403 suara.

Bahkan, total perolehan suara almarhum Nuriswanto di Kabupaten OKU menempati nomor urut kedua dengan perolehan 2.700 suara setelah caleg nomor urut 9 atas nama Sri Meliyana meraih 5.571 suara.

"Nuriswanto dari Partai Gerindra meraih suara tertinggi kedua setelah caleg nomor urut 9 Sri Meliyana. Hasil itu sungguh mengejutkan, karena yang bersangkutan sudah meninggal dunia," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU, Naning Wijaya.

Hasil suara yang diperoleh oleh Nursiwanto ini memang menjadi pembicaraan hangat di Kabupaten OKU. Sejumlah warga OKU khususnya pedagang di pasar tradisional di Kota Baturaja mengaku tidak mengenal sosok almarhum Nuriswanto.

"Saya tidak kenal hanya melihat posternya yang besar di pasar, jadi saya coblos saja," kata Ny Yani, pedagang sayur di Pasar Atas Baturaja.

Berdasarkan total suara sementara partai dan caleg di OKU, Partai Golkar meraih 33.040 suara sehingga diperkirakan akan mendapat enam kursi.

Berikutnya, Partai Demokrat memperoleh 19.904 suara (4 kursi), PDIP 19.380 suara (4 kursi), PAN 17.089 suara (3 kursi), PPB 16.197 suara (2 kursi), PKB 15.826 suara (3 kursi), PPP 14.656 suara (2 kursi), Partai Nasdem 14.387 suara (3 kursi) dan PKS 14.085 suara (4 kursi).

Selanjutnya Partai Hanura memperoleh 11.741 suara (2 kursi), Partai Gerindra 9.797 suara (1 kursi) dan terakhir PKPI 8.055 suara (1 kursi).


DPD

Sementara itu, perolehan suara Hj Percha Leanpuri, calon anggota DPD RI khusus di Kabupaten OKU sudah tembus 50.787 suara.

"Percha memang memperoleh suara tertinggi dibandingkan calon anggota DPD RI lainnya," kata Naning.

Perolehan suara putri sulung Bupati OKU Timur H Herman Deru ini memang sudah tidak terbendung lagi. Kemenangannya di Pemilu Legislatif dua priode berturut turut ini sangat signifikan.

Sejumlah pemilih mengaku mencoblos Percah, karena namanya sudah populer dibandingkan calon lainnya.

(EP*M033)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014