... dilindungi perjanjian pertahanan yang mewajibkan Washington bertindak jika diserang... "
Tokyo (ANTARA News - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Kamis, mengatakan, dalam konferensi pers di Jepang, Kepulauan Senkaku yang disengketakan secara sengit oleh China dilindungi perjanjian pertahanan yang mewajibkan Washington bertindak jika diserang.

"Pasal lima (perjanjian keamanan AS-Jepang) mencakup semua wilayah di bawah pemerintahan Jepang termasuk Kepulauan Senkaku," katanya.

"Kami tidak percaya bahwa mereka harus mengubah subyek secara sepihak, dan bagian dari konsistensi aliansi bahwa perjanjian itu mencakup semua wilayah yang diperintah oleh Jepang," katanya.

"Ini bukan sikap baru. Ini adalah salah satu yang konsisten."

" Kami berdiri bersama-sama menyerukan sengketa di wilayah tersebut, termasuk isu-isu maritim, harus diselesaikan secara damai melalui dialog."

Obama mengatakan selama pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, keduanya setuju terus memperdalam kerja sama keamanan, dan bekerja melalui masalah pelik dengan kehadiran besar militer Amerika Serikat di Okinawa, yang dibenci banyak warga setempat.

Dia mengatakan laut lepas masih tetap terbuka untuk pelayaran.

"Kami berbagi komitmen untuk prinsip-prinsip dasar: seperti kebebasan navigasi dan penghormatan terhadap hukum internasional."

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014