Kita tidak mau menunda-nunda lagi
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk segera mengadakan lelang atau beauty contest pembangunan Mass Rapid transit (MRT) tahap II, yaitu timur ke barat dengan rute Bekasi-Balaraja.

"Pembangunan MRT tahap II akan segera kita lelang untuk menarik minat para investor. Kita usahakan beauty contest itu bisa digelar pada tahun ini," kata Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, saat ini Terms of References atau panduan dan persyaratan pembangunan sarana transportasi masal tersebut telah selesai disusun.

"TOR-nya sudah kita siapkan. Jadi, nanti tinggal pelaksanaan lelangnya saja. Kita berharap lelang itu bisa segera dilaksanakan supaya pembangunan fisik juga bisa cepat dimulai," ujar Ahok.

Lebih lanjut, ia menginginkan agar pembangunan fisik MRT tahap II itu dapat dimulai tahun depan, sehingga bisa dirampungkan bersamaan dengan pembangunan MRT tahap I selatan-utara rute Lebak Bulus-Kampung Bandan.

"Kita tidak mau menunda-nunda lagi. Kalau bisa pembangunan fisik MRT tahap II bisa dimulai tahun 2015 dan diharapkan bisa selesai bersamaan dengan MRT tahap I, yaitu pada 2017 mendatang," tutur Ahok.

Dia mengungkapkan lelang pembangunan MRT tahap II tersebut digelar karena menurut penilaian dari Japan International Cooperation Agency (JICA), proyek tersebut tidak menguntungkan.

"Kita kan sudah coba tawarkab ke Jepang (JICA), tetapi mereka menolak dengan alasan tidak menguntungkan. Oleh karena itu, kita mau coba tawarkan ke pihak swasta atau investor lain," ungkap Ahok.

Pewarta: Rr Cornea Khairani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014