Yogyakarta (ANTARA News) - Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kota Yogyakarta saat ini mulai mencermati dan mengawasi persiapan penyusunan daftar pemilih tetap untuk Pemilihan Presiden 2014 di wilayah kota ini.

Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Yogyakarta Agus Triyatno di Yogyakarta, Kamis, mengatakan pihaknya setelah mengawasi dan mencermati pelaksanaan rekapitulasi suara dalam Pemilu Legislatif 2014 hingga selesai pada tingkat kota, dan kini mulai melakukan percermatan persiapan daftar pemilih tetap pemilihan presiden (Pilpres)di wilayah Kota Yogyakarta.

"Meskipun partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif di Kota Yogyakarta meningkat jumlahnya, namun kami menemukan jumlah daftar pemilih khusus tambahan (DPTKTb) yang cukup besar di kota ini atau hampir lima persen dari jumlah dafar pemilih tetap (DPT) yang menggunakan hak pilihnya," katanya.

Menurut dia, DPTKTb adalah nama yang tidak didaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT) dan juga tidak didaftar sebagai dafar pemilih tambahan (DPTb), namun mereka menggunakan hak pilih menggunakan KTP atau identitas lainnya.

"Berkaitan dengan masalah itu, kami akan mengawal dan mencermati penyususnan DPT Pilpres 2014 untuk wilayah Kota Yogyakarta," kata Agus Triyatno.

Ditanya tentang pelaporan dana kampanye, ia mengatakan pihaknya juga tengah mencermati dan mengawasi pelaporan dana kampanye akhir baik partai politik (parpol), calon anggota legislatif (caleg) maupun calon anggota dewan perwakilan daerah (DPD).

(H008/H-KWR)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014