Purbalingga (ANTARA News) - Tuan rumah Persibangga berhasil mengalahkan Persika Karawang 3-1 dalam laga lanjutan Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama 2014 Grup 3 di Stadion Goentoer Darjono, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat petang.

Tiga gol kemenangan bagi Persibangga itu diciptakan Galih Tri Handoko pada menit ke-5, Bruno Casmir di menit ke-88, dan Emelue Serge pada menit ke-92 (injury time), sedangkan gol tunggal bagi Persika diciptakan Kicmett Amos Marah di menit ke-61.

Meskipun tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh akibat sejumlah pemain inti mengalami cedera, Persibangga tetap berusaha melancarkan serangan ke pertahanan Persika sejak menit pertama.

Sebuah peluang emas pun dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Persibangga setelah wasit Fariq Hataba memberikan hadiah penalti bagi tim yang berjuluk Laskar Jenderal Soedirman tersebut di menit ke-5.

Penalti tersebut diberikan wasit setelah salah seorang pemain Persika melakukan "handsball" di kotak terlarang.

Galih Tri Handoko yang bertindak sebagai eksekutor, mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna karena bola yang ditendangnya dari titik penalti itu tidak dapat dibendung oleh kiper Persika Imam Arief Fadilah, sehingga skor pun berubah menjadi 1-0 untuk Persibangga.

Setelah melihat gawangnya kebobolan, anak-anak asuhan pelatih Suimin Diharja itu berusaha membalas kekalahan sementara itu.

Akan tetapi hingga waktu turun minum, skor tetap bertahan 1-0 untuk Persibangga.

Memasuki babak kedua, Persika mulai berani melakukan serangan terbuka hingga akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat sontekan kaki kiri "striker" Kickmett Amos Marah di menit ke-61.

Oleh karena kondisi anak-anak asuhnya mulai melemah, pelatih Persibangga Ahmad Muhariah pun segera menarik keluar Singgih Prasetyo yang menempati posisi penyerang dan menggantikannya dengan Anggi Prabowo.

Masuknya Anggi Prabowo mampu membuat serangan Persibangga lebih variatif, hingga akhirnya dapat menambah gol pada menit ke-88 berkat tendangan bebas yang dilakukan Bruno Casmir di luar kotak penalti, sehingga skorpun berubah menjadi 2-1 untuk tim tuan rumah.

Menjelang berakhirnya babak kedua, Persibangga berhasil menambah gol kemenangan berkat tendangan yang dilakukan "striker" Emelue Serge saat "injury time".

Bola yang ditendang Emelue Serge sambil membalikkan badan itu mampu bersarang di gawang Persika sehingga skor pun berubah menjadi 3-1 untuk Persibangga dan tetap bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan berbunyi.(*)

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014