Jakarta (ANTARA News) - Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah memastikan pembangunan pasar darurat untuk korban kebakaran Pasar Senen akan rampung dalam tiga bulan.

"Kita sudah berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya. Penampungan bagi pedagang akan selesai dibangun dalam waktu tiga bulan," kata Saefullah saat dihubungi Antara News, Sabtu di Jakarta.
Saefullah menjelaskan pasar darurat tersebut  akan berkonsep semi pedagang kaki lima (PKL) dengan pembangunan los-los semi permanen.


Pasar darurat tersebut akan dibangun di sekitar bekas bangunan pasar yang telah hangus  terbakar.

"Lokasinya pada sisi depan, belakang dan kanannya. Kita nanti akan memaksimalkan lahan kosong yang ada di sekitaran  bangunan," kata Saefullah.


Saat ini, komunikasi dengan para pedagang korban kebakaran sedang dilakukan.


"Desainnya sudah ada. Kita usahakan dengan pembangunan pasar darurat tersebut  jalanan tetap lancar. Kan yang penting jangan berjualan di jalanan saja," katany.


Direktur Utama PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengatakan kebakaran telah melalap sebagian dari kios-kios di lantai satu, lantai dua dan lantai tiga.


Sekitar 3.096 kios menjadi korban kebakaran tersebut. Jumlah tersebut terdiri dari 640 kios, 1.577 gerai, 392 los dan 503 los pakaian.


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014