Kinshasa (ANTARA News) - Lebih dari 30 orang tewas, Jumat (25/4), akibat kericuhan yang terjadi dalam acara festival musik yang diselenggarakan untuk mengenang penyanyi terkenal di Republik Demokratik Kongo (DRC).

Pemerintah lokal, dalam satu pernyataanya, menyebutkan peristiwa tersebut disebabkan listrik yang padam ketika dua generator pemasok listrik ke Kota Kikwit mati.

Beberapa saksi mata mengatakan ketika lisrik padam, penonton yang berada di dalam stadion panik dan berusaha keluar, berdesak-desakan dengan banyak orang yang berusaha memasuki stadion.

Dr. Mpay dari satu rumah sakit lokal mengatakan mereka telah menerima 23 mayat, dan anggota keluarga korban berdatangan ke rumah sakit tempatnya bekerja, demikian seperti dilaporkan Xinhua.

Kikwit adalah kota kelahiran penyanyi kondang Jean Baptiste Emeneya, atau King Kester Emeneya --yang meninggal di Paris pada Februari.

Festival tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, tapi pemerintah lokal telah membatalkan sisa program itu akibat kecelakaan tersebut.

(C003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014