News York (ANTARA News) - Badai berkepanjangan melanda Great Plains pada Sabtu (26/4) dan diprakirakan mengirimkan tornado ke bagian tengah Amerika Serikat seperti Arkansas, Louisiana dan Texas dalam beberapa hari kedepan, kata ahli meteorologi federal.

"Kami melihat beberapa putaran hujan badai parah," kata Ariel Cohen, ahli meteorologi di Pusat Prakiraan Badai (Storm Prediction Center) di Norman, Oklahoma, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Sistem badai itu diprakirakan bertambah intensif saat bergerak ke timur pada Minggu dan Senin, dengan risiko moderat tornado kuat akan menyentuh Louisiana, Arkansas, Texas dan bagian bawah Mississippi Valley, kata Cohen.

Palang Merah Amerika menyatakan sudah menyediakan tempat pengungsian untuk menampung warga di negara-negara bagian yang rumahnya terdampak badai.

Sistem badai terpisah telah mengirimkan setidaknya satu tornado ke daerah pantai North Carolina sepanjang malam pada Jumat. Akibatnya, puluhan rumah di Beaufort County roboh dengan setidaknya 16 orang terluka dan ribuan lainnya tidak bisa menggunakan listrik.

Tim penyelamat menghabiskan waktu malam hingga dini hari menyisir rumah-rumah yang roboh di sekitar mereka, kata direktur layanan darurat daerah John Pack dalam wawancara lewat telepon dengan kantor berita Reuters.

Menurut dia, sekitar 150 rumah rusak atau hancur karena sapuan angin berkecepatan sekitar 160 kilometer per jam dan tiga orang harus dibawa ke rumah sakit di Greenville, North Carolina, karena lukanya serius.

Sekitar 2.500 warga tidak bisa menggunakan listrik hingga beberapa hari ke depan sementara para petugas membersihkan pohon-pohon yang roboh dan memperbaiki jalur listrik, kata Pack.

Badai itu sudah bergerak ke laut tapi sistem badai yang lebih parah mendapatkan kekuatan di Great Plains, tempat angin besar dan merusak diperkirakan datang pada Sabtu.

Sebanyak 109 tornado dilaporkan terjadi di Amerika Serikat tahun ini sampai Kamis, kurang dari seperempat dari 451 tornado yang rata-rata datang pada periode yang sama menurut data Storm Prediction Center.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014