Begitu juga dalam bersaing dan berkompetisi dapat dilakukan tanpa mengurangi semangat kebersamaan."
Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) AP Batubara menyambut baik pertemuan bakal calon presiden (Capres) PDIP Joko Widodo (Jokowi) ke kediaman politisi senior Golkar Akbar Tandjung di Jakarta, Minggu (27/4).

Ketika menjawab pers di Jakarta, Senin, AP Batubara mengatakan, kegiatan pertemuan (safari) politik Jokowi ke sejumlah parpol dan tokoh politik dalam rangka tukar pikiran ide dan gagasan, cukup baik.

Angggota Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP mengharapkan kepada Jokowi sebelum melakukan kunjungan ke tokoh-tokoh politik berkonsultasi terlebih dahulu dengan jajaran pimpinan DPP PDIP.

AP Batubara juga mempersilakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menerima kunjungan para tokoh politik dari berbagai parpol, dalam rangka menjalin hubungan kerjasama dan komunikasi politik.

Dia memberikan contoh, jalinan kerjasama antara PDIP dan Partai NasDem menjelang Pilpres 9 Juli 2014 telah sesuai visi dan misinya yaitu menjunjung tinggi ideologi Pancasila 1 Juni 1945 dan UUD 1945, NKRI dan ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga mengatakan, PDIP  menyadari bahwa upaya membangun Indonesia tak dapat dilakukan oleh satu kelompok saja.

Eriko berharap dari komunikasi yang dilakukan antartokoh politik, akan terbentuk kesolidan politik dalam menjalankan demokrasi di Indonesia.

"Begitu juga dalam bersaing dan berkompetisi dapat dilakukan tanpa mengurangi semangat kebersamaan," katanya.

Seperti diketahui, pada Minggu malam (27/4), Jokowi secara mendadak bertandang ke kediaman Akbar Tandjung, di Jakarta Selatan. Keduanya menghabiskan waktu sekitar 90 menit dengan makan bersama dan membicarakan situasi politik terkini.

Namun kepada wartawan, keduanya membantah ada kesepakatan terkait koalisi antara PDIP dan Golkar. PDIP masih terus melakukan penjajakan dengan sejumlah partai untuk berkoalisi menghadapi Pilpres 2014. Dari semua partai, baru Partai NasDem yang disebut pasti berkoalisi dengan PDIP. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014