Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya segera menyiapkan tiga lokasi sebagai tempat penampungan sementara bagi para pedagang Pasar Senen Blok III yang kiosnya telah habis terbakar.

"Untuk sementara, para pedagang yang kiosnya sudah hangus terbakar akan kami tampung di tiga lokasi, antara lain di halaman pasar, di taman samping pasar, dan di Pasar Senen Blok V," kata Direktur PD Pasar Jaya Djangga Lubis di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tempat-tempat penampungan sementara di tiga lokasi tersebut bagi para pedagang Pasar Senen Blok III akan dibangun dengan menggunakan material baja.

"Di Blok III itu ada sebanyak 3.096 tempat usaha. Nanti, kami akan melakukan pendataan ulang terhadap para pedagang yang ditampung di tempat penampungan sementara itu," ujar Djangga.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Irwandi menuturkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya terkait dengan pembangunan tempat penampungan itu.

"Rapat-rapat terus kami lakukan dengan PD Pasar Jaya. Selain itu, ada kemungkinan kami akan mengeluarkan anggaran terkait dengan pembangunan tempat penampungan sementara para pedagang," tutur Irwandi.

Sembari menunggu pelaksanaan pembangunan tempat penampungan itu, kata dia, pihaknya memperbolehkan para pedagang untuk berdagang di pinggir jalan.

"Untuk sementara waktu, kami izinkan para pedagang berdagang di pinggir jalan. Lagi pula, kami juga tidak bisa melarang mereka begitu saja. Asalkan, yang penting tidak mengganggu arus lalu lintas," tambah Irwandi.

Kebakaran melanda Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat, Jumat (25/4) lalu. Api mulai membakar sejak pukul 04.00 WIB dan baru dapat dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran pada pukul 15.30 WIB. Ribuan kios pun terbakar habis dalam peristiwa tersebut.

(R027/D007)

Pewarta: Rr Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014