Solo (ANTARA News) - Tuan rumah Persis hanya mampu menang tipis atas tamunya Persip Pekalongan dengan skor 1-0 pada laga lanjutan Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama Liga Indonesia Grup 4 di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Selasa petang.

Pada pertandingan kedua tim yang disaksikan sekitar 10 ribu penonton tersebut berjalan lamban dan kurang menarik terutama babak pertamakarena kedua kesebelasan kelihatan saling memperkuat di lini perthanan sehingga sulit ditembus lawan.

Tim asuhan pelatih Widyantoro tersebut mampu menguasai permainan, tetapi Ferryanto dan kawan-kawan masih kesulitan menembus pertahanan Persip untuk membuahkan gol.

Persis pada menit tujuh mendapatkan peluang melalui sundulan kepala yang dilakukan oleh Bayu Nugroho, tetapi bolanya mampu ditangkap kiper Persip, Nurul Subkhi.

Bahkan Persis yang melakukan serangan ke gawang Persip secara bertubi-tubi tersebut tidak mampu menembus pertahanan lawan. Hal ini, karena pemain Persip menumpuk di lini belakang.

Persis mendapatkan peluang kedua menit 45 melalui tendangan keras dari kaki Marcelo Cirelli dari luar kotak pinalti. Namun, bola berhasil diblok kiper Nurul Subkhi yang bermain cermat, sehingga hanya menghasilkan tendangan sudut untuk Persis. Kedudukan imbang 0-0 ini, bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tuan rumah mengubah strategi dengan menurunkan dua striker memasukan Ainudin menggantikan Bayu Nugroho.

Bahkan, pada menit 65 memasukan lagi pemain depan yakni Yanuar Ruspuspito untuk mempertajam serangan tim tuan rumah.

Namun, Persis yang hampir menguasai setengah lapangan pada babak kedua tersebut belum mampu membuahkan hasil.

Persis mendapatkan peluang menit 69 melalui tendangan kaki Rohmat Sabani, tetapi bolanya mampu diblok kiper Persip. Menit 71, Yanuar melakukan tendangan salto di depan gawang Persip, tetapi juga berhasil dtangkap kiper Nurul yang bermain cantik.

Bahkan, Ainudin yang melakukan tendangan keras ke arah gawang Persip, tetapi bolanya membentur mistar dan keluar.

Persis baru mendapat peluang emas pada menit 89 saat Tinton Suharto yang berhasil lolos dan masuk ke pertahanan Persis. Namun, Tinton dijatuhkan oleh salah satu pemain belakang Persip di dalam kotak pinalti.

Wasit Hendrik Candra yang memimpin pertandingan posisi tidak jauh dari bola langsung menunjuk titik pinalti untuk tim tuan rumah. Cirelli yang diberikan tugas melakukan tendangan pinalti berhasil dan gol untuk Persis Solo.

Persis yang unggul 1-0 atas Persip pada tambahan waktu empat menit babak terakhir tersebut, wasit Hendrik Candra langsung meniup peluit panjang tanda babak kedua usai.

Wasit Hendrik pada pertandingan tersebut mengeluarkan lima kartu kuning untuk Aris Fandi Kurniawan, M Azizi, Iwan Wahyu, Hersan Masihor (Persip), dan Fandy Edi (Persis). (*)

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014