Jakarta (ANTARA News) - Yahoo mengumumkan dua seri TV asli yang akan ditampilkan pada situs dan aplikasi mobile.

Hal tersebut membuat perusahaan teknologi terbaru Yahoo bergabung dengan pasar yang tumbuh cepat untuk konten video digital.

Menurut bbc.com, perusahaan seperti Netflix, Hulu, Amazon dan Microsoft telah bersaing dengan program TV tradisional untuk menarik pemirsa pada platform mereka.

Beberapa bahkan telah menandatangani kesepakatan dengan penyedia layanan internet untuk streaming video lebih cepat dan lebih lancar.

Pada Senin, Netflix mengumumkan kesepakatannya dengan Verizon, salah satu penyedia layanan internet terbesar di AS - yang akan membuat server Netflix terhubung langsung ke jaringan Verizon, sehingga jaringannya lebih cepat.

"Kami telah mencapai kesepakatan interkoneksi dengan Verizon yang kami harapkan akan meningkatkan kinerja untuk pelanggan kami selama beberapa bulan mendatang," kata Joris Evers, juru bicara Netflix, dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan tersebut juga telah menyetujui kesepakatan serupa dengan Comcast awal tahun ini.

Yahoo mengatakan dua seri asli pertama merupakan serial komedi berjudul "Other Space and Sin City Saints".

Perusahaan tersebut mengatakan telah terdapat 500 juta video di Yahoo Screen AS sejak diluncurkan komedi tersebut tujuh bulan lalu.

"Kami terus membangun perpustakaan kami dengan komedi universal yang dicintai seperti Saturday Night Live dan Comedy Central," kata Kathy Savitt, Kepala Marketing Yahoo, dalam sebuah pernyataan.

Microsoft sedang mengembangkan serial tv Halo live-action, berdasar pada franchise video game, di mana Yahoo mengatakan dua seri aslinya juga akan tersedia untuk pemirsa di Apple TV dan Roku.

Namun, perusahaan kemungkinan menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Awal bulan ini, Amazon menyetujui kesepakatan dengan HBO yang akan memungkinkan pelanggan AS dari layanan streaming nya, Amazon Prime, untuk menonton acara TV HBO, termasuk The Sopranos.

Ini adalah pertama kalinya program HBO dilisensikan ke online, hanya layanan berlangganan streaming.

Sementara itu, Microsoft diperkirakan akan meluncurkan dua sci-fi series, Halo and Humans, perusahaan layanan Xbox Live pada beberapa bulan mendatang.

Sony sedang mengembangkan Powers, sebuah seri tentang detektif yang menyelidiki orang-orang dengan kemampuan super, untuk PlayStation Network.(*)


Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014