Paris (ANTARA News) - Sutradara dan Produser asal Selandia Baru Jane Campion akan memimpin tim juri Festival Film Cannes 2014 yang didominasi oleh perempuan, dengan jumlah lima dari sembilan orang, di mana hal ini terjadi untuk pertama kalinya sejak 2009.

Festival film internasional yang paling bergengsi di dunia ini sering dikritik agar memberikan sedikit perhatian kepada perempuan di bioskop, kata festival tersebut seperti dilansir Reuters.

Campion adalah satu-satunya sutradara perempuan yang pernah memenangkan hadiah utama festival tersebut, Palme d'Or, di mana ia dianugerhi atas filmnya berjudul "The Piano" pada 1993.

Empat juri perempuan yang akan bergabung dengan Campion adalah sutradara Amerika Sofia Coppola dan aktris asal Perancis Carole Bouquet, Leila Hatami dari Iran dan Jeon Do-yeon dari Korea Selatan.

Sementara itu, tim juri laki-laki terdiri dari aktor Amerika Willem Dafoe, aktor dan sutradara Meksiko Garcia Bernal, Sutradara asal Republik Rakyat Tiongkok Jia Zhanke dan Sutradara asal Denmark Nicolas Winding Refn.

Dua dari 18 film panjang dalam kompetisi tahun ini dibuat oleh perempuan, seperti sutradara Jepang Naomi Kawase dengan film berjudul "Still the Water" dan sutradara Italia Alice Rohrwacher dengan film berjudul "Le Meraviglie".(*)

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014