Balikpapan (ANTARA News) - Persiba Balikpapan memenangi pertandingan melawan Persepam Madura dengan skor 2-1, di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, Kaltim, Rabu.

Dua gol Persiba diborong oleh penyerang Ansu Toure asal Liberia melalui sundulan kepala.

Pada menit ke-15, Fernando Soler yang tak terhadang menggiring bola hingga menjelang garis akhir lapangan di sayap kiri pertahanan Persepam.

Masuk menit ke-16, umpan tarik Soler pun ditanduk Toure. Sebuah tandukan yang lemah sebenarnya, namun Toure mengirimnya ke tiang jauh dimana kiper Gerri Mandagi mati langkah. Bola memantul-mantul pelan menggeleser masuk gawang.

Para Balistik, suporter fanatik Persiba yang menguasai tribun utara, riuh dengan yel-yel dan dentam genderang. Toure memberi salam dengan melambai kepada para penonton.

Dua puluh menit berselang, giliran umpan kiriman dari aksi Carlos Ozuna yang dimanfaatkan dengan gemilang oleh Toure. Kali ini pemain tim nasional Liberia itu mengirim bola ke gawang dengan meyakinkan. Bola melengkung deras ke pojok kiri gawang dan tak terjangkau Mandagi yang sudah berupaya hingga terbang mencoba menepis bola.

Toure merayakan gol ini dengan para Balistik. Ia berlari ke tribun utara dan berpelukan dengan para Balistik meski terhalang jeruji pagar.

"Buat kalian semua," katanya sambil melambai. Ozuna bergabung, juga datang ke penonton meloncat ke punggung Toure dan melambai memberi hormat.

Berbeda dari pertandingan-pertandingan sebelumnya, Persiba sekarang bermain lebih solid. Bola mengalir dengan mantap. Para gelandang seperti Bachtiar, Fandi Mochtar, dan Mustaid Billa bermain percaya diri dan tak ragu mengirim bola kepada para penyerang.

Tiga penyerang yang diturunkan pelatih Jaya Hartono juga paham harus bermain secara tim dan mengesampingkan ego pribadi. Dua gol Toure yang berasal dari umpan Soler dan Ozuna dijadikan pelatih Jaya contoh.

"Saya bersyukur atas hasil ini, meski kita kecolongan satu gol di menit-menit akhir. Permainan anak-anak sudah jauh lebih baik, dan yang penting kita bisa menang. Itu akan memberi hasil positif untuk memasuki putaran kedua nanti," kata Jaya Hartono.

Kerja keras Ozuna yang seolah tak kenal lelah dalam menyerang maupun bertahan diapresiasi pelatih kelahirah Medan itu. "Ozuna pemain terbaik di kubu Persiba pada pertandingan ini," katanya.

Dari kubu Persepam, pelatih Arcan Iuri berkomentar singkat. Menurut pelatih asal Romania itu, Persiba memang layak menang sebab bisa memaksimalkan peluang. (*)

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014