Pamekasan (ANTARA News) - Puluhan siswa pingsan saat mengikuti upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang digelar di lapangan Pendopo Ronggosukowati, Pamekasan, Jawa Timur, Jumat.

Sebagian siswa pingsan saat upacara berlangsung ketika Bupati Pamekasan Achmad Syafii selaku inspektur upacara menyampaikan sambutan tentang Hari Pendidikan Nasional.

"Kemungkinan mereka mengalami kekurangan cairan, atau daya tahan tubuh lemah karena tidak sarapan. Itu bisa saja terjadi," kata Kepala Dinas Kesehatan Ismail Bey.

Siswa yang pingsan saat mengikuti upacara Hardiknas ini selanjutnya mendapatkan pengobatan dari tim medis yang memang telah dipersiapkan di sekitar lapangan upacara.

Pada upacara Hardiknas ini, Dinkes Pamekasan menyediakan tim kesehatan khusus yang bertugas memberikan pelayanan medis kepada peserta upacara.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii mengajak kepada semua pihak dan penyelenggara pendidikan di Pamekasan agar memanfaatkan momentum Hardiknas ini untuk memperbaiki prestasi pendidikan di Kabupaten Pamekasan.

Sebagai kabupaten yang mencanangkan Kota Pendidikan, kata bupati, maka selayaknya jika kualitas pendidikan di Pamekasan seharusnya lebih baik dan lebih maju dari saat ini.

"Oleh karena itu, pada Hardiknas kali ini, mari kita jadikan momentum untuk melakukan evaluasi terkait pelaksanaan pendidikan di Pamekasan agar bisa lebih baik," katanya.

Selain perwakilan siswa dan guru dari berbagai lembaga pendidikan di Kabupaten Pamekasan, upacara Hardiknas di Pamekasan itu juga dihadiri Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) di Kabupaten Pamekasan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014