Jakarta (ANTARA News) - Sebuah penelitian terbaru terbaru menunjukkan bahwa pekerja jarak jauh (remote worker) lebih peduli tentang ketersediaan Wi-Fi gratis dari pada kualitas kopi di sebuah kedai kopi.

Lebih dari sepertiga pekerja yang disurvei oleh Samsung mengatakan, mereka memilih warung kopi untuk duduk dan bekerja berdasarkan adanya Wi-Fi gratis dari pada kualitas teh atau kopi.

Hampir 70 persen pekerja mengunjungi kedai kopi setidaknya dua kali seminggu, dengan 60 persen di antaranya mengatakan Wi-Fi merupakan alasan nomor satu yang mempengaruhi pilihan kedai kopi mereka.

Menariknya, akses printer menempati peringkat lebih penting dari pada ketersediaan outlet listrik untuk pengisian perangkat.

Sekitar delapan persen dari 101 kedai kopi yang masuk dalam survei, menawarkan area khusus untuk pekerja, dengan hampir setengah (46,9 persen) mengatakan mereka tidak membuat suasana berisik.

Dari survei pekerja, 90 persen menggunakan Wi-Fi untuk berselancar di internet dan hanya 9 persen yang menggunakan 4G.

Pekerja juga lebih suka melakukan pekerjaan pada telepon pintar (smartphone) mereka dengan angka 71 persen, sedangkan yang menggunakan laptop sebanyak 50 persen dan tablet 49 persen.

Hal ini membuat kata "coffice" telah menjadi leksikon umum, demikian telegraph.co.uk.

Penerjemah:
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014