Jakarta (ANTARA News) - Athletic Bilbao amankan satu tiket Liga Champions musim depan usai melumat Rayo Vallecano 3-0, Jumat (2/5) waktu Spanyol.

Gol dari Mikel San Jose, Oscar De Marcos dan Ander Herrera membawa Bilbao aman di urutan keempat karena unggul sembilan poin dari Sevilla di posisi kelima.

Kendati Sevilla masih menyisakan tiga laga tersisa namun Bilbao sudah unggul catatan head to head sehingga apabila kedua tim memiliki poin sama, Bilbao tetap diperingkat keempat.

Pelatih Bilbao, Ernesto Valverde mengatakan, timnya memang membutuhkan tiga poin untuk memastikan mereka akhiri musim di posisi keempat usai kemenangan 3-1 atas Sevilla pekan lalu.

Bilbao yang tampil menyerang sejak menit awal laga sudah mencetak keunggulan di menit ke-21 berkat sepak pojok Markel Susaeta yang dikonversi menjadi gol oleh pemain bertahan, Mikel San Jose.

Menit ke-30 sepak pojok Markel Susaeta kembali tidak dapat dibendung barisan pertahanan Rayo yang membiarkan De Marcos mencetak gol kedua Bilbao.

Menit ke-75 Ander Herrera melepaskan tendangan bebas ke pojok kanan gawang Rayo dan keunggulan 3-0 Bilbao bertahan hingga laga usai.

Usai pertandingan, Ernesto Valverde mengaku dirinya bagaikan berada di surga karena membawa Athletic Bilbao berlaga di Liga Champions musim depan.

"Kami memiliki tiga pertandingan untuk mencoba dan mencapai tujuan ini, dan kami tidak ingin mengacaukannya malam ini," kata Valverde setelah pertandingan dilansir dari Football Espana, Sabtu (3/5).

Valverde menambahkan, "Kami perlakukan ini layaknya final, dan sekarang kami berada di surga. Ini adalah kegembiraan besar untuk melihat tim ini di Liga Champions."

"Kami paham Rayo akan menyerang kami dengan ketat, jadi kami ingin memulai pertandingan dengan baik. Saya pikir kami berhasil melakukan itu," katanya.

"Untuk tim seperti Athletic bisa berada di belakang Atletico, Barcelona dan Real Madrid adalah sebuah kemenangan," pungkas Valverde.

Di sisi lain, kekalahan ini membuat Rayo gagal memperpanjang tiga kemenangan beruntun dan saat ini mereka tertahan di peringkat sembilan klasemen sementara La Liga spanyol dengan 43 poin dari 36 laga.(*)

Penerjemah:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014