Jakarta (ANTARA News) - Manchester City menggeser Liverpool di pucuk klasemen Liga Utama Inggris usai mengalahkan Everton 3-2 di Goodison Park, Minggu dini hari WIB (4/5).

Bertindak sebagai tuan rumah, Everton memulai laga dengan baik dan sudah mencetak gol di menit ke-11.

Gelandang muda Everton berusia 20 tahun, Ross Barkley, mencetak gol pembuka berkat umpan matang Steven Naismith.

Keunggulan sementara Everton pupus ketika Sergio Aguero mencetak gol penyeimbang hasil assist Yaya Toure di menit ke-22.

Namun pada menit ke-28 penyerang timnas Argentina, Aguero, menderita cedera dan digantikan dengan Fernandinho.

Manchester City memperbesar skor pada menit ke-43 melalui Edin Dzeko yang sukses mengeksekusi bola sodoran James Milner dari sisi lapangan. Skor 1-3 keunggulan City bertahan hingga jeda.

Tiga menit babak kedua dimulai, Samir Nasri melepaskan umpan yang dikonversi Edin Dzeko menjadi gol yang kembali menggetarkan gawang Everton yang dikawal Tim Howard.

Namun Everton membuka asa ketika Romelu Lukaku mencetak gol di menit ke-65 memanfaatkan assist Leighton Baines dari sisi kiri.

Pada menit ke-87 Deulofeu hampir mencetak gol berkat umpan silang Aiden McGeady dari sisi lapangan namun Joe Hart tampil gemilang dengan menepisnya. Skor 3-2 kemenangan City bertahan hingga laga usai.

Livescore mencatat Everton menguasai jalannya laga dengan 57 persen penguasaan bola namun City tampil efektif dengan melepaskan tujuh tembakan ke gawang sementara Everton hanya empat kali.

Kemenangan ini membawa Manchester biru menggeser Liverpool di puncak klasemen meski sama-sama mengoleksi 80 poin namun tim arahan Manuel Pellegrini unggul dalam produktivitas gol.

Di sisi lain, Everton dipastikan gagal berlaga di Liga Champions musim depan karena hanya bertengger di posisi kelima dengan 69 poin dengan satu laga tersisa sehingga tidak mampu mengejar Arsenal di peringkat empat yang sudah mengemas 73 poin dengan dua laga tersisa.

Susunan pemain:

Everton (3-5-2): Howard; Stones, Jagielka (Gerard Deulofeu 66'), Alcaraz; Coleman, McCarthy, Osman (Aiden McGeady 83'), Barkley, Baines; Naismith, Lukaku.

Manchester City (4-4-2): Hart; Zabaleta, Kompany, Demichelis, Clichy; Milner, Yaya Toure (Kolarov 66'), Javi Garcia, Nasri (David Silva 74'); Aguero (Fernandinho 28'), Dzeko.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014