Mudah-mudahan dengan tiga partai tersebut dapat mewakili representasi kekuatan Islam dan kekuatan nasionalis."
Kudus (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Marwan Jafar mengungkapkan, koalisi antara PKB dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Pemilihan Umum Presiden 2014 segera diresmikan.

"Tunggu saja, setelah 9 Mei 2014 akan diresmikan koalisinya dengan PDI Perjuangan," ujarnyadi kediaman Kiai Munif Zuhri, pengasuh Ponpes Girikesumo, usai menerima kunjungan bakal calon presiden PDIP Joko Widodo (Jokowi), di Demak, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, kehadiran sejumlah petinggi partai seperti dirinya dan Ketua DPP PKB lainnya, termasuk Abdul Kadir Karding serta Wakil Sekretaris Jenderal PKB Fathan Subchi di rumah Kiai Munif saat menerima kunjungan Jokowi tentunya bisa diartikan sebagai bentuk koalisi.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Ahmad Basarah dalam kesempatan itu juga membenarkan bahwa secara definitif parpol yang resmi berkoalisi dengan PDIP baru Partai Nasionalis Demokrat (Nasdem).

Adapun PKB, kata dia, hanya menunggu jabat tangan dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, agar koalisinya resmi.

"Mudah-mudahan dengan tiga partai tersebut dapat mewakili representasi kekuatan Islam dan kekuatan nasionalis," ujarnya.

Ia menganggap, hal itu merupakan inti dari komponen strategis.

Kunjungan Jokowi, yang juga Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, ke kediaman Kiai Munif di kompleks Pondok Pesantren Girikesumo di Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Demak, Jawa Tengah, itu dihadiri Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choiri (Gus Choi).

Selain itu, terlihat sejumlah elit dari PKB dan PDIP, seperti Abdil Kadir Karding, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Fathan Subchi, dan Ketua DPD PDIP Jateng yang juga Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko. (*)

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014