... pertukaran petugas pengawas, yakni guru sekolah akan jadi pengawas di sekolah yang lainnya... "
Ambon (ANTARA News) - Sebanyak 32.187 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di 11 Kabupaten/Kota di Maluku siap mengikuti UN 2014, pada 5-8 Mei 2014.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Maluku, Semmy Risambessy, di Ambon, Minggu, mengatakan, "Jumlah siswa yang mengikuti UN 2013/2014 menurun dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 30.909 siswa."

Dikatakan dia, seluruh persiapan dalam menghadapi UN sudah dilakukan mulai dari tingkat sekolah, guru, maupun siswa yang akan mengikutinya, termasuk sistem pengamanan naskah soal UN.

Dia mengakui semua siswa telah siap untuk mengikuti ujian yang sangat menentukan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA dan sederajat.

"Khusus pengawasan UN dilakukan pertukaran petugas pengawas, yakni guru sekolah akan jadi pengawas di sekolah yang lainnya," ujarnya.

Sedangkan distribusi soal-soal dari ibu kota kabupaten/Kota ke Kecamatan hingga sekolah mendapat pengawalan aparat kepolisian, guna mencegah kebocoran.

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014