Kuala Lumpur (ANTARA News) - Bintang film legenda Malaysia Datuk Aziz Sattar (89) yang juga Presiden Persatuan Artis Veteran Malaysia meninggal dunia di Pusat Perobatan KPJ, Kajang, setelah dilarikan ke rumah sakit itu pada Minggu (4/5) malam karena serangan jantung dan dirawat selama dua hari.

Anak bungsunya, Sandakiah (46) mengatakan ayahnya meninggal dunia pada Selasa pagi (6/5) pukul 02.00 waktu setempat setelah dua hari dirawat di rumah sakit, demikian dilaporkan media-media lokal di Kuala Lumpur, Rabu.

Datuk Aziz yang masih merupakan keturunan Bawean, Jawa Timur itu dimakamkan di tanah pekuburan Islam Bandar Tun Hussein Onn pada Selasa siang dengan dihadiri keluarga dan rekan-rekan artis.

Menurut Sandakiah, kesehatan ayahnya pada awal tahun ini tidak menentu serta selera makannya merosot. Ketika dibawa ke rumah sakit pada Minggu (4/5), almarhum masih bisa bercakap meski lemah.

"Namun ada pukul 1.30 almarhum tidak sadarkan diri sebelum menghembuskan nafas terakhir setengah jam kemudian," katanya.

Aziz dilahirkan pada 8 Agustus 1925 di Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia.

Beberapa film populer yang dibintanginya adalah seri film Bujang Lapok, bersama almarhum Tan Sri P Ramlee dan almarhum S. Shamsuddin.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak dan Menteri Pemuda dan Olahraga Khairy Jamaluddin turut mengungkapkan belasungkawa atas kepergian Datuk Aziz.

"Saya sedih atas pemergian almarhum Datuk Aziz Sattar. Perginya seorang seniman. Al Fatihah", kata Najib dalam akun Twitternya.
(N004)

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014