Medan (ANTARA News) - Koleksi Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumaterae) di Taman Marga Satwa Medan (Medan Zoo) bertambah lagi, Rabu Si Manis induk harimau yang telah berusia 15 tahun-- kembali melahirkan.

Dalam kali keempat melahirkannya ini, Si Manis berhasil melahirkan 4 bayi harimau. Hal ini tentunya merupakan prestasi yang besar, sebab jarang sekali Harimau Sumatera bisa melahirkan 4 ekor bayi.

Meski demikian sampai saat ini belum diketahui jenis kelamin keempat bayi harimau yang populasinya kini mulai langka.

Mengingat pihak Medan Zoo tidak mau ambil resiko untuk memeriksa jenis kelamin keempat ekor bayi harimau tersebut.

Mereka khawatir baik sang induk maupun keempat anaknya akan stres sehingga tidak mau menyusui.

Diperkirakan pasca dua minggu setelah proses kelahiran, barulah jenis kelamin keempat bayi harimau akan diketahui, saat ini keempat anak bayi harimau masih tinggal sekandang dengan induknya.

Pada saat melihat Si Manis dan keempat anaknya dalam kandang, Plt Wali Kota Medan Dzulmi Eldin tampak berhati-hati, karena khawatir kehadirannya dapat mengejutkan Si Manis yang saat itu tengah tertidur, sedangkan keempat anaknya tengah asyik menyusui.

Usai menyaksikan Si Manis dan keempat anaknya, Eldin mengaku sangat menyambut baik kelahiran keempat bayi harimau tersebut, sebab, jarang sekali Harimau Sumatera bisa melahirkan 4 ekor anak, biasanya hanya satu atau dua ekor saja.

Selain itu kelahiran keempat bayi harimau ini otomatis menambah populasi Harimau Sumatra yang kini nyaris punah tersebut.

Selanjutnya Eldin berencana akan menabalkan nama keempat bayi harimau tersebut. Direncanakan, penabalan akan dilakukan setelah usia keempat bayi harimau tepat sebulan. (*)

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014