Kami memilih pemimpin nasional yang pro dan memahami secara utuh kondisi daerah. Sebagai ketua Apkasi, kami menilai Isran Noor memiliki kredibilitas dalam kapabilitas dalam hal itu.
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 514 kepala daerah seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) mengusung Isran Noor sebagai kandidat calon wakil presiden (cawapres).

"Kami memilih pemimpin nasional yang pro dan memahami secara utuh kondisi daerah. Sebagai ketua Apkasi, kami menilai Isran Noor memiliki kredibilitas dalam kapabilitas dalam hal itu. Selain itu, beliau memiliki elektabilitas yang tinggi jika maju mendampingi salah satu calon presiden," kata Ketua Apeksi yang juga Wali kota Manado Vicky Lumentut kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Vicky mengungkapkan, tidak ada kata terlambat untuk mengusung Isran Noor yang juga Bupati Kutai Timur ini sebagai cawapres.

"Bagi kami tidak ada kata terlambat. Pendekatan-pendekatan sudah dilakukan dengan beberapa parpol, semua memberikan respons yang positif. Kami akan all out untuk pemenangan bagi capres yang memilih Isran Noor sebagai cawapres," tegasnya.

Vicky mengatakan bahwa kepala daerah sebagai representasi rakyat yang ada di daerah memiliki daya tawar yang sangat tinggi dalam menentukan pemimpin nasional. Artinya, posisi bupati dan wali kota sangat menentukan pada pilpres mendatang, ujarnya.

Kepala daerah, kata Vicky, juga berkepentingan karena pemimpin nasional ke depan harus dapat melindungi pemerintah daerah yang melakukan diskresi dan inovasi dalam membangun daerahnya, karena selama ini banyak kepala daerah yang melakukan hal itu namun terjerat hukum.

Selain itu, Isran juga dinilai sebagai sosok yang peduli pada bidang lain seperti budaya. Pada ajang Gelar Budaya Nusantara di Yogyakarta, Isran hadir pula dalam rangkaian sarasehan berjudul "Isran Noor Mendengar" bertema Menggali Budaya Agraris dan Maritim sebagai Identifikasi Jati Diri Bangsa Indonesia Demi Kembalinya Kejayaan Nusantara. Isran saat itu mengajak masyarakat membangkitkan kembali kejayaan nusantara.

Menurut Vicky, dukungan pemerintah daerah kepada Isran Noor merupakan hasil kesepakatan dalam dua rapat koordinasi yang melahirkan enam butir kesepakatan bersama, sebagai pemikiran dalam menghadapi masa pemilihan presiden ini.

Bupati Kepahing Bando Amin mengatakan, dukungan ini merupakan kekuatan politik yang perlu diperhitungakan oleh parta-partai politik dan pihak-pihak yang akan ikut pilpres 2014.

"Kami melihat para capres yang ada saat ini masih galau atau malu-malu dalam mengusung cawapresnya. Jadi, dukungan kami ini bisa menjadi alat tawar bagi parpol, bahwa kami memiliki kandidat yang mumpuni," ujarnya.
(G001/I007)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014