Jadi, tidak ada yang boleh menyentuh bagian pribadi kita
Jakarta (ANTARA News) - Giring Ganesha atau dikenal dengan Giring Nidji menerapkan aturan pada anak-anaknya untuk menjaga bagian-bagian tubuhnya agar tidak disentuh oleh orang lain.

"Kami juga membuat peraturan yang namanya 'underwear rules'. Jadi, tidak ada yang boleh menyentuh bagian pribadi kita. Pokoknya, kalau ada yang maksa, harus teriak," ujar Giring di Jakarta, Kamis.

Berkaca pada kasus yang menimpa anak TK di sebuah sekolah internasional, Giring meminta anak-anaknya agar tidak pergi ke tempat yang sepi dan ke toilet sendirian, minimal perlu ditemani guru.

Menurut vokalis Band Nidji itu, memilih sekolah yang tepat, mengawasi lingkungan sekolah dan menjaga komunikasi dengan pihak sekolah juga menjadi rekomendasi Giring dalam mencegah kemungkinan terjadinya kekerasan pada anak-anaknya.

Dari sisi perkembangan teknologi, Giring membatasi anak-anaknya dalam menggunakan internet. Ia dan istri mengawasi penggunaannya oleh anak-anak.

Demikian pula dengan tayangan televisi, Giring mengaku bahwa anak-anaknya hanya boleh menonton tayangan anak-anak pada jam tertentu.

"Saya orangnya tegas, disiplin, kalau tidak boleh ya tidak. Mereka mau guling-guling atau nangis, tetap tidak. Demi kebaikan mereka dan supaya mereka tidak manja. Meskipun dalam hati saya pun tidak tega," kata Giring.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014