Jalur KA rel ganda Jakarta-Surabaya sudah beroperasi secara penuh, Juni
Gresik (ANTARA News) - Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan jalur kereta api (KA) rel ganda sepanjang 720 kilometer dari Jakarta-Pasar Turi, Surabaya, akan beroperasi secara penuh, Juni.

"Jalur KA rel ganda Jakarta-Surabaya sudah beroperasi secara penuh, Juni. Bahkan, pada Hari Raya Idul Fitri akan ada penambahan KA lebaran Jakarta-Surabaya dengan memanfaatkan jalur KA rel ganda," katanya, di Stasiun Duduksampeyan, Gresik, Kamis.

Pada kesempatan itu, ia yang didampingi Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko, menandatangani prasasti peralihan jalur rel KA tunggal ke jalur KA rel ganda sepanjang 60 kilometer Babat-Kandangan.

Lebih lanjut ia menjelaskan pembangunan jalur rel KA ganda yang masih belum bisa terselesaikan yaitu Kandangan-Pasar Turi, Surabaya, sepanjang 8,7 kilometer, disebabkan masih ada proses pembebasan tanah milik warga yang dibutuhkan untuk jalur rel.

"Tapi dalam waktu dekat ini proses pembebasan tanah sudah selesai, sehingga pembangunan jalur KA rel ganda yang masih belum terselesaikan bisa dikerjakan," jelasnya.

Ia mengakui pembangunan jalur KA rel ganda Jakarta-Surabaya, tidak bisa tepat waktu sesuai target, karena adanya sejumlah hambatan teknis di lapangan.

"Sesuai target penyelesaian pembangunan jalur KA rel ganda akhir bulan lalu. Tidak bisa tercapai, sebab ada hambatan teknis di lapangan menyangkut keamanan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Satker Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Nur Setiawan Sidik, menambahkan jumlah warga di Kandangan, yang tanahnya terkena pembebasan tanah sebanyak 95 kepala keluarga (KK).

"Saat ini proses pembayaran tanah milik warga yang dibebaskan. Berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan saya tidak hapal," elaknya.

Mengenai penambahan KA lebaran, menurut Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko, jumlahnya sebanyak 32 KA dengan kapasitas 21.000 penumpang untuk menambah KA reguler yang sudah ada.

Sesuai rencana, katanya, penjualan karcis KA Jakarta-Surabaya tersebut akan dilakukan sebulan sebelum Hari Raya Idul Fitri.  "Harga karcisnya ya biasa seperti yang saat ini berlaku," ucapnya, menegaskan.

Usai meninjau pekerjaan pembangunan rel KA jalur di Stasiun Duduk Sampeyan, Bambang Susantono dengan rombongannya meneruskan perjalanan dengan KA Inspeksi menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014