BEIJING, 9 Mei 2014 (ANTARA/PRNewswire) -- Windows XP telah "dipensiunkan" selama sebulan sejak Microsoft mengakhiri dukungan atas sistem operasi itu pada 8 April 2014. Lembaga Pengujian Resmi Dunia (AV-TEST) baru-baru ini memeriksa sepuluh solusi perangkat lunak anti virus guna mengukur kemampuan perlindungannya terhadap upaya-upaya mengeksploitasi kerentanan keamanan Windows XP. Selama pengujian tersebut, Qihoo 360 Internet Security 9 memblokir 100% serangan (54 dari 54).

AV-TEST membuat 54 sampel, yang menargetkan tujuh kerentanan yang berbeda, dikombinasikan dengan opsi pengaburan dan penghindaran yang berbeda serta muatan yang berbeda untuk mensimulasikan berbagai serangan malware yang mungkin. Block rate rata-rata di antara kesepuluh solusi yang dievaluasi berjumlah 73,5%. Qihoo 360 mencapai block rate 100%, dengan mendeteksi/memblokir ke-54 serangan, sementara Tencent PC Manager adalah satu-satunya produk yang tidak lulus uji dengan block rate 18,5%.

Menurut laporan ini, pada dasarnya terdapat dua cara untuk mendeteksi serangan malware. Salah satunya adalah dengan mendeteksinya secara statis melalui tanda tangan, yang akan mendeteksi versi tertentu dari eksploitasi spesifik. Cara lainnya adalah dengan mendeteksi secara generik teknik-teknik yang digunakan oleh eksploitasi daripada mendeteksi eksploitasi itu sendiri. Hasilnya kembali membuktikan bahwa kemampuan perlindungan keamanan terkemuka dalam industri Qihoo 360 lebih unggul.

AV-TEST, yang berkantor pusat di Magdeburg, Jerman, diakui secara internasional sebagai salah satu dari tiga lembaga pengujian antivirus resmi, yang terkenal karena proses pengujian anti virus yang independen dan obyektif serta standar evaluasi yang ketat. Kesemua solusi antivirus yang dikenal baik berpartisipasi dalam evaluasi AV-TEST guna menguji dan meningkatkan produk-produknya.

Sebanyak sepuluh solusi perangkat lunak antivirus yang populer diuji, termasuk Qihoo 360, Avast, AVG, Avira, Bitdefender, Eset, Kaspersky, Norton, dan lain-lain. Dilaporkan bahwa hampir 20% pengguna PC masih menggunakan sistem Windows XP di Tiongkok (China).

Tentang Qihoo 360

Qihoo 360 Technology Co. Ltd. adalah perusahaan Internet terkemuka di Tiongkok. Perusahaan ini juga merupakan penyedia Internet dan produk keamanan seluler nomor satu di Tiongkok yang diukur berdasarkan basis pengguna, menurut iResearch. Qihoo 360 juga memberi para pengguna jalur akses aman ke Internet melalui peramban web dan toko aplikasinya yang terkemuka di pasar. Perusahaan ini telah membangun salah satu platform Internet terbuka terbesar di Tiongkok dan memonetisasi basis penggunanya yang amat besar terutama melalui iklan daring serta melalui layanan bernilai tambah Internet di platform terbukanya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.360safe.com

Facebook: www.facebook.com/360safecenter

SUMBER  Qihoo 360 Technology Co. Ltd.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014