Jakarta (ANTARA News) - Situs mikroblog Twitter mengubah cara pengguna dalam mengakses akunnya jika lupa  atau kehilangan kata kunci (password), sekaligus mengenalkan sistem baru yang akan mengawasi prilaku login yang mencurigakan.

Kini, seperti dikutip laman The Verge, pengguna bisa memasukkan surel dan nomor telepon untuk memberitahu permintaan mengganti kata kunci.

Andai pengguna salah menaruh kata kunci atau butuh kata kunci baru, maka pengguna akun bisa memulai proses permintaan dari kedua opsi itu lewat situs Twitter.com dan aplikasi di Android dan iOS.

Langkah pengamanan kedua ini dapat melacak lokasi, sejarah masuk dan alat yang digunakan untuk memasuki akun guna mencegah kemungkinan aktivitas mencurigakan.

Jika didapati aktivitas mencurigakan, maka Twitter akan memeringatkan pemilik akun melalui alamat surel terdaftar.

Pergantian ini ada setelah satu tahun Twitter memberlakukan sistem verfikasi dua lapis, sebuah metode yang menambahkan lapis keamanan setelah kata kunci.

Pengguna yang menggunakannya akan mendapat kode enam digit yang dikirim ke nomor telepon terdaftar lewat pesan singkat untuk melanjutkan login ke situs.

Fitur ini banyak dicari setelah muncul berita diretasnya beberapa akun.



Penerjemah: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014