Nay Pyi Taw (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia berharap pihak-pihak bertikai di Thailand mengutamakan semangat rekonsiliasi dan dapat segera mencapai titik temu dalam waktu dekat.

"Kami mengikuti dengan seksama dan penuh keprihatinan situasi yang berkembang di Thailand. Kami mengharapkan semangat rekonsiliasi dan semangat mencari titik temu bersama bisa dikedepankan dan dicapai dalam waktu dekat," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Myanmar, Sabtu.

Di sela-sela Pertemuan Puncak ke-24 ASEAN di Myanmar International Convention Center, Nay Pyi Taw, Marty menyebut situasi terakhir di Thailand mengakibatkan pemimpin negara itu tidak dapat menghadiri pertemuan tahunan tingkat pemimpin ASEAN.

Ia menyebutkan Thailand telah mengirimkan utusan khusus untuk mewakili pemerintah dalam pertemuan bersejarah di Myanmar ini.

"Yang kami ketahui deputi perdana menteri (yang mewakili)," kata Marty tanpa menjelaskan lebih lanjut.

ASEAN rutin menggelar pertemuan puncak tingkat pemimpin negara setiap tahun yang diikuti sepuluh pemimpin negara-negara anggota ASEAN, yaitu Brunei, Kamboja, Indonesia, Filipina, Laos, Myanmar, Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014