Jayapura (ANTARA News) - Kapal motor (KM) Paishi Batu II, Sabtu dini hari sekitar pukul 01.00 WIT, terbakar dan tenggelam diperairan Seram, Maluku, para penumpang dan awak kapal selamat, termasuk tujuh warga negara asing (WNA) selamat.

Para penumpang dan awak kapal berhasil selamat setelah kapal tangker Mt Falcon 8 yang dicarter Pertamina untuk mengangkut BBM dari Wayame (Ambon) menuju Sorong,berupaya menyelamatkan mereka yang seluruhnya berjumlah 20 orang.

General Manager Pertamina Unit Penjualan Dalam Negeri VIII Jayapura Moch Irfan yang dihubungi Antara, Sabtu, mengakui, adanya laporan tersebut dan saat ini para korban sudah tiba dengan selamat di Sorong.

Dikatakan, dari laporan yang diterima insiden yang terjadi disekitar PulauPisang-Pulai Batame, perairan Seram. "Kapal naas itu dilaporkan mengeluarkan api yang diduga berasal dari kamar mesin, hingga menyebabkan kapal tenggelam," kata Moch.Irfan.

Menurutnya, ketujuh wna yang menjadi penumpang kapal naas itu terdiri dari empat orang berkebangsaan Perancis dan tiga orang Amerika.

Kapal Falcon-8, kata Irfan, melakukan pertolongan setelah mendengar diradio ada kapal yanag mengalami musibah.

Setelah mendekat ternyata api sudah menyala sehingga para anak buah kapal (abk) Mt.Falcon-8 berupaya mengevakuasi para penumpang kekapal mereka.

"Para penumpang yang selamat itu kondisinya baik dan saat ini sudah berada di Sorong untuk proses penanganan lebih lanjut," kata GM.Pertamina Jayapura Moch.Irfan.(*)

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014