Jakarta (ANTARA News) - Kendati kalah 2-3, Hamburg SV terhindar dari degradasi otomatis ke divisi dua setelah dua tim terancam degradasi lainnya, Nurnberg dan Eintracht Braunschweig, juga kalah dari lawan-lawannya dalam pertandingan terakhir Bundesliga malam ini.

Hamburg kalah tipis 2-3 dari tuan rumah yang menempati peringkat tujuh Mainz, sedangkan Nurnberg digunduli Schalke 4-1 dan Eintracht Braunschweig kalah 1-3 dari tuan rumah Hoffenheim.

Dalam daftar klasemen akhir Bundesliga, Hamburg menempati urutan 16 dengan 27 poin, sedangkan Nurnberg dan Eintracht Braunschweig menempati dua peringkat terakhir dengan masing-masing 26 dan 25 poin.

Elkin Soto membawa Mainz unggul pada menit 7 babak pertama, namun disamakan pada menit 12 oleh Pierre-Michel Lasogga.

Mainz merestorasi keungulan pada babak kedua lewat dua gol Yunus Malli pada menit 65 dan Shinji Okazaki pada menit 82 sebelum Hamburg memperkecil kekalahan menjadi 2-3 setelah Ivo Ilicevic menciptakan gol pada menit 84.

Hasil ini membuat Hamburg berkesempatan tetap berada di Bundesliga, namun sebelum itu mereka harus menghadapi peringkat tiga divisi dua.

Liga Utama Jerman yang dihuni 18 tim elite Jerman hanya mensyaratkan dua tim otomatis terdegradasi ke divisi dua, sedangkan satu tempat lainnya akan ditentukan oleh peringkat 16 Bundesliga (saat ini Hamburg) melawan peringkat tiga divisi dua.

Hamburg yang menjadi satu-satunya klub Bundesliga yang tidak pernah terdegradasi dengan lebih dari setengah abad berpengalaman di Bundesliga akhirnya menarik nafas lega kendati kalah pada pertandingan terakhirnya.

Klub ini terseok-seok sejak menghadapi masalah keuangan berupa krisis utang sekitar 100 juta euro.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014