Milan (ANTARA News) - Inter Milan menang 4-1 melawan Lazio untuk memastikan tempat mereka di Liga Europa musim depan dalam laga di mana kapten veteran klub Javier Zanetti tampil terakhir kali memperkuat klub.

Zanetti, yang 19 musim membela Inter, memainkan pertandingan resmi terakhirnya sebelum menempati pos direktur klub raksasa Serie A itu.

Kendati laga perpisahan Zanetti di San Siro membuat seisi stadion hampir penuh, pelatih Inter Walter Mazzarri menaruhh dulu pemain Argentina berusia 40 tahun itu di bangku cadangan sampai diturunkan untuk menggantikan Jonathan pada menit 52.

Zanetti, kepada Sky Sport, mengakui bahwa malam itu adalah malam yang emosional.

"Saya menangis di dalam karena harus meninggalkan penggemar yang luar biasa ini setelah bertahun-tahun mengenakan seragam ini dan bermain sebagai kapten," kata Zanetti. "Saya memiliki karir yang luar biasa. Atmosfir di sini malam ini adalah hal yang spesial dan akan tetap bersama saya selamanya."

Tapi Inter ketinggalan lebih dulu setelah umpan Bruno Pereirinha dikonversi Giuseppe Biava menjadi gol setelah sukses menaklukkan Samir Handanovic di jaring Inter.

Inter menyamakan kedudukan lima menit kemudian berkat gol Rodrigo Palacio, lalu berbalik memimpin lewat gol Mauro Icardip pada menit 34, sebelum Palacio menciptakan gol keduanya yang lalu disempurnakan oleh gol gelandang timnas Brasil Hernanes pada menit 79.

Inter kini menempati posisi enam, di atas Parma dan Milan yang sama-sama akan memperebutkan satu jatuh Liga Europa.

Pada pertandingan lainnya seebelum Inter vs Lazio, harapan Verona tampil di Liga Europa pupus ketika pemain pengganti asal Ghana Emmanuel Badu memaksakan seri 2-2 untuk Udinese pada masa injuri.

Verona seolah akan memasuki zona Liga Europa berkat gol Luca Toni dan Emil Hallfredsson pada kedudukan 2-1, sebelum striker veteran Antonio Di Natale mempersembahkan gol untuk Udinese.

Namun hanya lima menit sejak menggantikan gelandang bertahan Allan pada menit 87, Badu memupus harapan tim asuhan Andrea Mandolini dengan tembakan yang memperdaya kiper Verona Rafael pada menit pertama waktu tambahan.

Verona tetap di posisi sembilan dengan 54 poin, sama dengan Milan, yang berada di urutan delapan dan Parma yang menempati urutan tujuh, menjelang pertemuan mereka masing-masing melawan Atalanta dan Torino.

Juventus yang menjadi scudetto ketiga kali berturut-turut akhir pekan lalu berada 11 poin di atas peringkat dua Roma, dan akan bertanding Minggu malam nanti.

Kemenangan akan membuat tim asuhan Antonio Conte mengoleksi 99 poin untuk menumbangkan rekor Inter 97 poin di Serie A pada 2007, dengan satu pertandingan tersisa.

Roma yang sudah pasti ke Liga Champions, sedangkan Napoli akan melawan Sampdoria malam nanti dalam upaya merebut jatah ketiga Liga Champions.

Fiorentina, yang berada di urutan empat, telah memastikan jatah Liga Europa pertamanya yang akan menghadapi Livorno yang berjuang untuk tetap berada di Serie A, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014