Jakarta (ANTARA News) - Pemain Mancheseter City David Silva memuji pelatih Manuel Pellegrini karena dianggap telah membawa kembali sukacita ke tim itu seiring besarnya kemungkinan menutup Liga Utama Inggris dengan gelar juara.

Pellegrini yang asal  Cile berada di ambang pencapaian menjadi manajer pertama dari Amerika Selatan yang membuat klub ini memenangkan trofi.

Silva, sang gelandang "The Citizens", juga mengatakan manajer berusia 60 tahun itu telah membuat Stadion Etihad kembali sebagai tempat yang menyenangkan.

Pellegrini, yang menggantikan Roberto Mancini sejak musim panas lalu, hanya perlu menghindari kekalahan melawan West Ham pada Minggu malam ini untuk melihat Manchester City mendapat gelar juara.

Dengan kata lain, tinggal satu tikungan terakhir melawan The Hammers dengan hasil seri maka Manuel Pellegrini akan membawa The Citizens meraih gelar ganda di musim debutnya di Inggris.

The Citizens telah mencetak 154 gol dari seluruh pertandingan, sehingga sang playmaker Silva yakin bahwa Pellegrini sebagai manajer pantas mendapat banyak pujian untuk kemajuan mereka.

"Dia membawa sukacita dan kebahagiaan di tempat kami dan juga untuk gaya bermain kami," kata Silva seperti dikutip Daily Express.

"Anda bisa melihat bahwa dalam cara kami bermain sekarang ada serangan yang menghasilkan banyak gol. Dia (Pellegrini) membuat kami menjadi kompetitif di setiap pertandingan. Kami telah melangkah lebih jauh karena dia memberi kami dorongan ekstra dan membawa kami selangkah lebih maju," ujarnya.

Sebelumnya, Pellegrini mengungkapkan bahwa ketika ia pensiun sebagai pemain, ia secara sadar mengambil keputusan untuk menjadi manajer, dan Silva menilai bahwa pendekatan bersahaja sang manajer telah menguntungkan timnya.

"Ketenangannya sangat jelas, dan hal itu dapat dirasakan semua pemain di klub ini. Dan itu benar-benar membantu kami pada saat-saat sulit. Sangat menyenangkan untuk memiliki orang yang bersikap tenang di sekitar anda ketika terjadi hal-hal sulit," kata Silva.

"Dengan adanya Manuel di sini telah membantu saya secara pribadi. Kehadirannya benar-benar berdampak positif bagi saya. Dia cocok saya turun ke tanah. Gaya bermain saya memang lebih cocok untuk gaya menyerang," tambahnya.

"Manuel membantu saya berkembang sebagai pemain. Ini merupakan tahun yang baik bagi saya," ujar playmaker Manchester City itu.

Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014