Liverpool (ANTARA News) - Pelatih Liverpool Brendan Rodgers menjanjikan timnya akan meningkat musim depan setelah gagal mendapatkan trofi Liga Utama Inggris 2013-2014.

Langkah tim Merseyside Merah melunasi peluang terdekat mereka dengan gelar liga dalam 24 tahun tersebut harus terhenti setelah pesaingnya Manchester City menang 2-0 atas West Ham United.

Hasil itu membuat kemenangan 2-1 yang diperoleh Liverpool atas Newcastle United tidak menghasilkan apa-apa kecuali tetap di urutan dua dan peningkatan poin semata.

Rodgers menyatakan berencana melanjutkan kesuksesan musim ini dengan menambah sejumlah pemain demi memperbaiki kedalaman skuad sebagai penantang gelar juara musim depan.

"Kami telah melewati tahun 2014 dengan mengantongi 12 kemenangan dari 14 laga adalah pencapaian luar biasa dari para pemain," kata Rodgers sebagaimana dilansir Sky Sports.

Ia menilai laga kali ini cukup sulit untuk dimenangi, meskipun timnya menutup pertandingan dengan kemenangan.

"Sayangnya kami tidak berhasil mendapatkan gelar juara, tetapi kami memperlihatkan harapan besar atas masa depan yang tengah kami tuju," katanya.

"Suatu kebanggaan bagi saya menjadi pelatih di sini dan sebagaimana banyak orang mengatakan klub ini telah membantu para fans untuk kembali bermimpi tahun ini".

Rodgers menilai timnya memang cukup baik dengan memenuhi target awal mencapai empat besar, ditambah sejumlah pencapaian sebagai penantang gelar juara.

"Mencetak lebih dari 100 gol di liga bagi sebuah tim yang berada di level kami sekarang adalah pencapaian luar biasa, kami memahami wilayah mana saja yang harus diperbaiki dan tentunya akan ada penambahan skuat di musim panas demi kembali (sebagai penantang gelar juara) dan kami akan tampil lebih baik tahun depan," katanya.

Rodgers juga menolak anggapan timnya gagal menghadapi tekanan perburuan gelar juara setelah sempat berada di posisi terdepan dengan tiga laga sisa, hanya untuk menyaksikan City finis dua poin di atas mereka.

"Terkadang hal semacam itu terjadi, saya pikir tidak seorang pun berhak berkata kami gagal mengatasi tekanan di 14 laga terakhir," ujarnya sembari memuji anak-anak asuhannya telah memenangi 12 dari 14 laga terakhir.

"Itu memperlihatkan tim ini mampu menghadapi tekanan dan kami akan mempelajari apa pun hikmah yang kami dapat dari paruh terakhir musim ini sebagai bekal kami menghadapi musim depan," katanya.

Pelatih berkebangsaan Irlandia Utara itu juga sempat menyelamati City yang memenangi gelar juara 2013-2014, namun menekankan kepercayaan diri bahwa timnya akan meningkat di musim depan.

"Kami berada di urutan dengan skuas yang luar biasa. Selamat kepada Manchester City yang telah memenangi liga bersama pelatih yang andal dan tim bertabur pemain kelas dunia," katanya.

"Kami memaksa mereka berjuang hingga pertandingan terakhir musim ini, tim yang mengakhiri musim lalu di peringkat ketujuh dan kami tahu kami akan menjadi lebih baik sebab ada banyak perbaikan yang akan kami lakukan di skuad kami, kami akan terus berkembang dan menguat," tutupnya.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014