Madrid (ANTARA News) - Hasil imbang 1-1 diperoleh Atletico Madrid kala menjamu Malaga di Vicente Calderon, Senin dini hari WIB, dalam laga pekan ke-37 La Liga, sudah cukup mengokohkan posisi mereka  di puncak klasemen sementara dengan perolehan 89 poin.

Madrid sempat tertinggal lebih dulu lewat gol yang dicetak penyerang Malaga, Samuel, pada menit 65, sebelum akhirnya membalas melalui Toby Alderweireld pada menit 74.

Keuntungan jumlah pemain sempat dinikmati Atletico kala pemain belakang Malaga Marcos Angeleri menerima kartu kuning kedua pada menit 88, sayang Atletico tetap tidak mampu memanfaatkannya untuk menciptakan kemenangan.

Meski demikian, hasil imbang ini tetap membuat mereka menjaga jarak dari Barcelona yang berada di peringkat dua dengan 86 poin setelah sama-sama ditahan imbang lawannya. Barcelona mengakhiri laga melawan tuan rumah Elche dengan skor 0-0.

Sementara secara mengejutkan Real Madrid tersingkir dari perburuan gelar juara karena ditaklukkan Celta Vigo 0-2 kala melawat ke Balaidos.

Penentuan gelar juara tetap akan berlangsung di Nou Camp pekan mendatang yang juga sekaligus pekan penutup La Liga musim ini kala Barcelona menjamu Madrid.

Atletico hanya membutuhkan satu poin untuk memastikan gelar juara, sementara Barcelona harus bisa mengalahkan calon tamunya itu agar bisa mempertahankan gelar setelah pada perjumpaan pertama kedua tim imbang 0-0 Januari lalu.

Sepanjang babak pertama, Atletico tampak tidak sabar dalam membangun serangan meskipun memiliki sejumlah peluang melalui David Villa dan Koke.

Pada menit ke-12 Villa membuat publik Vicente Calderon menahan napas lewat tendangan kaki kanannya dari area tengah kotak penalti, namun bola hasil tendangannya membentur mistar gawang.

Delapan menit memasuki babak kedua, Villa kembali mengancam gawang Malaga lewat tendangan kaki kiri dari sudut sempit yang memaksa Willy melakukan penyelamatan gemilang.

Terus ditekan, Malaga justru berhasil mencuri gol lebih dulu pada menit ke-65 ketika Toby Alderweireld salah memperhitungkan datangnya bola panjang yang mengarah ke pertahanan Madrid sehingga Samuel Garcia leluasa menyundulnya melewati jangakaun penjaga gawang Courtois dan memberi keunggulan bagi tim tamu 1-0 atas tuan rumah.

Kesalahan itu segera dibayar Alderweireld sembilan menit berselang. Setelah Willy kembali menyelamatkan gawang Malaga dari bola tendangan kaki kanan Villa, giliran Alderweireld yang menguji ketangkasan penjaga gawang berkebangsaan Argentina itu.

Sundulan Aldeweireld tidak mampu dicegah Willy sehingga membiarkan bek Belgia itu harus membayar kesalahannya dan menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-74.

Momentum tersebut berusaha dimanfaatkan Madrid untuk mencuri tiga poin.

Peluang terbuka saat mereka mendapatkan keunggulan jumlah pemain setelah bek Marcos Angeleri mendapatkan diganjar kartu kuning kedua oleh wasit Jose Antonio Teixeira Vitienes pada menit ke-88.

Akan tetapi hingga peluit panjang berbunyi, Madrid tidak mampu menarik keuntungan dari kelebihan jumlah pemain sehingga laga pun berakhir imbang 1-1.

Susunan pemain:
Atletico Madrid (4-2-3-1)
: Thibaut Courtois (pg), Juanfran, Filipe Luis, Miranda, Toby Alderweireld, Tiago Mendes, Koke (Adrian), Gabi (k), Raul Garcia (Jose Sosa), Arda Turan (Diego Ribas), David Villa

Malaga (4-3-3): Willy Cabalero (pg), Antunes, Weligton (k), Marcos Angeleri, Eliseu, Sergi Dader, Nacho Camacho, Duda, Samuel (Juanmi), Roque Santa Cruz (Ezequiel Rescaldani), Nourredine Amrabat

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014