Manado (ANTARA News) - Manajer Cabang Telkomsel Manado, Tomy Luxianto mengatakan perusahaannya mendukung kesuksesan penyelenggaraan kegiatan internasional Konferensi Terumbu Karang Dunia (World Coral Reef Conference-WCRC) pada 13-17 Mei 2014 dengan penambahan kapasitas jaringan.

"Telkomsel siap mendukung kegiatan internasional yang akan diselenggarakan di Manado pekan ini dengan menyediakan kartu bebas roaming internasional, kartu perdana dengan internet," kata Tomy, di Manado, Senin.

Dalam kegiatan WCRC ini tidak sebatas menghadirkan layanan terbaik, namun sekaligus menunjukkan kepada dunia internasional layanan telekomunikasi di Indonesia sejajar dengan negara maju di berbagai belahan dunia.

"Optimalisasi jaringan yang kami lakukan ini merupakan salah satu upaya untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran komunikasi suara dan data para peserta konferensi. Kami juga terus berupaya memastikan masyarakat dapat menikmati layanan komunikasi yang berkualitas selama berlangsungnya WCRC di Manado," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulut, Ronald Sorongan mengatakan ada sembilan negara akan mengikuti WCRC di Manado yakni Australia, Filipina, Malaysa, Timor Leste, Papua Nugini, Solomon Island, Roma, Jepang dan Italia.

"Pelaksanaan WCRC akan dirangkaikan dengan peresmian gedung sekretariat bersama Coral Triangle Initiative (CTI) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Ronald.

Dia mengatakan, hingga pelaksanaan nanti ditergetkan sebanyak 1.500 peserta yang ikut konferensi. Setiap negara akan mengikuti konferensi tingkat menteri kelautan pada even CTI dan ATSEA (Arafura and Timor Seas Ecosystem Action).

Panitia juga telah menyiapkan 33 hotel, 2.000 kamar, dan enam maskapai.

Salah satu agenda akan dibahas dalam konferensi terumbu karang dunia ini adalah karbon biru (blue carbon), di mana terumbu karang memberikan andil besar dalam, pengurangan emisi gas buang di udara seperti karbondioksida dan gas-gas lainnya, katanya.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014