Bantul (ANTARA News) - Institut Seni Indonesia Yogyakarta akan menggelar pameran seni rupa dalam rangka menyambut Dies Natalis Ke-30 di Galeri Seni perguruan tinggi setempat, 28 Mei-4 Juni 2014.

"Karya yang akan dipamerkan sekitar 100 buah, baik itu karya dua dimensi, tiga dimensi maupun audio visual," kata Ketua Umum Dies Natalis Ke-30 ISI Yogyakarta Andono dalam jumpa pers di kampus itu, Senin.

Dosen yang juga Pembantu Dekan Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta ini mengatakan pameran seni rupa merupakan agenda tahunan yang digelar perguruan tinggi itu, namun pameran yang akan digelar tahun ini berbeda dengan sebelumnya.

Sebab, kata dia, selain akan menampilkan karya mahasiswa semua jurusan di Fakultas Seni Rupa, juga akan diikuti karya mahasiswa Program Pasca Sarjana ISI Yogyakarta, juga mahasiswa asing yang sedang belajar di Fakultas Seni Rupa dan delegasi luar negeri.

"Tahun ini memang banyak melibatkan partisipan dari negara lain yang memiliki MoU dengan ISI Yogyakarta, ada tujuh negara ikut memeriahkan Dies Natalis, misalnya dari Jerman dan Malaysia," katanya.

Sementara itu, kata dia tema pameran seni rupa dibagi dalam dua yakni, karya "Refleksi" yang berupa karya mahasiswa Fakultas Seni Rupa yang merupakan capaian terbaik dalam setahun terakhir, seperti koleksi jurusan maupun karya harian atau tugas akhir mereka.

"Kemudian karya "proyeksi", berupa karya terbaru mahasiswa yang dibuat khusus untuk pameran yang menggambarkan realitas kekinian yang kadang belum diakomodasi dalam kurikulum. Karya-karya baru ini kelak akan jadi wajah seni rupa kita di masa depan," katanya.

Menurut dia, tujuan dari pameran seni rupa untuk meningkatkan citra lembaga di dunia seni umumnya dan dunia seni rupa khususnya baik dalam dan luar negeri, sekaligus memperkuat eksistensi lembaga serta memperkokoh dengan berbagai pihak.

"Kemudian meningkatkan kemampuan mahasiswa dan seluruh sivitas akademika untuk berinteraksi dengan publik, meningkatkan etos kerja, intelektual dan pengalaman mahasiswa, dosen alumnus, seniman dan profesional," katanya.

Ia mengatakan, sebelum pameran dibuka secara resmi sebelumnya akan digelar jalan sehat, festival jathilan serta bazar dan pameran produk program mahasiswa kewirausahaan di halaman Rektorat ISI Yogyakarta.

(KR-HRI/M008)

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014