... Aziz ditemukan tanda-tanda MERS, di antaranya panas tubuh 38 derajat Celcius disertai batuk-batuk... "
Dumai, Riau (ANTARA News) - Seorang jemaah umrah asal Kota Dumai yang baru tiba di Pelabuhan Penumpang Internasional Pelindo Dumai, Selasa, dilarikan ke rumah sakit karena terindikasi mengidap gejala virus Middle East Respiratory Syndrome/MERS.

Jemaah bernama Mulyadi Aziz (53), warga Kecamatan Dumai Selatan tersebut dievakuasi petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Survei, dan Epidemologi KKP Dumai, Suprapto, mengatakan, pada diri Aziz ditemukan tanda-tanda MERS, di antaranya panas tubuh 38 derajat Celcius disertai batuk-batuk.

"Dia langsung kami evakuasi ke rumah sakit umum daerah untuk dilakukan penanganan medis, guna memastikan gejala yang kita temukan pada tubuhnya seperti tanda-tanda terjangkit virus MERS," katanya.

Guna mengantisipasi masuknya virus MERS ke Dumai, lanjutnya, petugas KKP dengan peralatan pengukur suhu tubuh (thermal scanner) dan thermometer infra merah. Mereka juga memeriksa kesehatan semua jemaah umrah yang berangkat bersama Aziz. 

Gejala lain yang dicurigai mengidap ciri-ciri terkena virus dari negara Timur Tengah tersebut, pada tubuh jemaah itu terlihat lemas seperti tidak berdaya untuk mengangkat beban barang bawaan.

"Kepada seluruh jemaah umrah, kita lakukan juga pembersihan seluruh tubuh menggunakan cairan alkohol 90 persen untuk membunuh virus MERS yang menempel pada pakaian dan tas yang dibawa," kata dia.

Direktur RSUD Kota Dumai, dr Syaiful, menyatakan, "Pasien ditangani oleh dokter penyakit dalam dan kini harus menjalani perawatan intensif dengan dikarantina di satu ruangan khusus."

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014