Cannes, Prancis (ANTARA News) - Sebanyak 50 film Indonesia diantaranya film Sang Kiai, The Raid dipromosikan di "booth Indonesian Cinema" di Marche Du Film pada Festival Film Cannes ke-67 yang berlangsung di kota Cennes, Prancis dari tanggal 14 hingga 23 Mei mendatang.

Kasubdit Festival dan Eksibisi Film, Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kemparekraf RI, Molly Prabawaty kepada Antara London, Rabu mengatakan, Marche du Film adalah pasar film terbesar di dunia yang merupakan bagian dari program Cannes Film Festival yang telah berlangsung untuk yang ke 67 kalinya.

Selain film Sang Kiai , Indonesia juga akan mempromosikan film "99 Cahaya Langit Eropa " yang diangkat dari novel Hanum Salsabiela Rais dibantu suaminya Rangga Almahendra serta film " Jalanan" karya sutradara Daniel Ziv, yang meraih Film Dokumenter Terbaik di Busan International Film Festival (BIFF) 2013 .

Dikatakannya selain aktivitas di pasar film, delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu juga akan menyelenggarakan Cocktail Party yang dihadiri sekitar 150 undangan termasuk Konjen RI, insan film, dan media internasional serta dimeriahkan pertunjukan kesenian Indonesia.

Setiap tahunnya sekitar 10.000 pebisnis film dan produser film dari seluruh dunia bertemu di pasar film Marche du Film di Festival Film Cannes yang merupakan festival film paling bergengsi yang diselenggarakan sejak tahun 1946

Selama penyelenggaraan festival film Cannes, film Indonesia Film Tjoet Nja Dhien pernah mendapat penghargaan "Best International Film" pada tahun 1989.

Selain Daun Di Atas Bantal diputar dalam sesi "Un Certain Regard" dalam Festival Film Cannes tahun 1998 dan film Kara, Anak Sebatang Pohon diputar di Quinzaine des Realisateurs - Cannes International Film Festival 2005.

Tahun lalu film Indonesia "Rectroverso" berpartisipasi dalam Antipoedes, Cannes Cinephile, European Premiere, dan "Sang Penari" dalam Competition Cannes Senior category.

Cannes Cinephile merupakan Festival yang mempunyai relasi erat dengan Cannes Film Festival, di mana para tamu Festival Film Cannes yang terdaftar serta masyarakat Kota Cannes dapat menghadiri Cannes Cinephiles.

Dalam mempromosikan film Indonesia di Cannes Direktorat Pengembangan Industri Perfilman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan katalog Film Indonesia 2013-2014, katalog Shooting in Indonesia, DVD Film-Film Indonesia + kompilasi trailer film yang akan dijual serta Flash Disc yang berisi Katalog Film dan Shooting in Indonesia serta Goodie Bag. (ZG)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014