Jakarta (ANTARA News) - PT PLN (Persero) akan mempercepat proses pembangunan pembangkit listrik untuk mengurangi pemadaman yang masih terjadi di sejumlah daerah.

Direktur Konstruksi dan Energi Baru Terbarukan PLN Nasri Sebayang di Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya tengah membangun pembangkit di sejumlah daerah yang mengalami keterbatasan pasokan daya listrik.

"Kaltim, Riau, Papua, dan Sulawesi adalah contoh daerah dengan daya terbatas," katanya.

Menurut dia, pihaknya tengah membangun PLTG Senipah sebesar 82 MW dan PLTU Teluk Balikpapan 220 MW untuk mengatasi defisit listrik di wilayah Kaltim.

Nasri melanjutkan, pihaknya juga tengah merampungkan pembangunan PLTU Tenayan 220 untuk menekan pemadaman listrik di Riau.

Di Papua, lanjutnya, PLN sedang membangun PLTU Holtekamp dan PLTA Genyem yang masing-masing berkapasitas 2x10 MW untuk mengatasi keterbatasan daya di wilayah ujung timur Indonesia.

Sementara itu, Direktur Operasi Indonesia Timur PLN Vickner Sinaga menambahkan, pertumbuhan listrik di wilayah Indonesia bagian timur cukup pesat yakni di atas 10 persen.

Sedangkan, penambahan kapasitas pembangkit tidak secepat pertumbuhan permintaan listrik, sehingga sering kali mengalami defisit.

Ia mencontohkan, pasokan listrik di Kaltim dan Papua tidak berbeda dengan beban puncak masing-masing 330 MW dan 70 MW.

"Akibatnya, kalau ada perawatan, apalagi gangguan, maka bakal defisit," ujarnya.

Vickner mengatakan, pengoperasian pembangkit baru akan mengamankan pasokan listrik.

Jakarta dan Tangerang


Terkait pemadaman listrik di sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang selama dua hari lalu, Direktur Operasi Jawa-Bali-Sumatera PLN I Gusti Ngurah Adnyana mengatakan, pemadaman listrik di Jakarta dipicu gangguan jaringan dan bukan keterbatasan pasokan.

"Kapasitas daya di sistem Jawa-Bali 31.000 MW, sementara beban puncak 23.200 MW. Jadi, cukup aman," katanya.

Pemadaman listrik di Jakarta itu dikarenakan ada gangguan pembangkit di Pacitan, Jatim yang kemudian merembet ke Subsistem Muara Karang, Jakarta Utara.

PLN masih menyelidiki penyebab gangguan di Pacitan hingga berdampak ke Muara Karang dan juga penyebab PLTU Pacitan 2x300 MW yang mengalami gangguan pada mesin pompanya.


Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014