Tujuh negara tersebut yakni Filipina, Australia, Malaysia, Cina, Singapura dan Hong Kong serta Indonesia, sebagai tuan rumah,"
Samarinda (Antara) - Tujuh negara bakal ikut serta dalam "1st Tenggarong International Dragon Boat Festival 2014" atau Festival Perahu Naga Internasional Pertama yang akan digelar di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, pada 19--21 Juni 2014.

"Tujuh negara tersebut yakni Filipina, Australia, Malaysia, Cina, Singapura dan Hong Kong serta Indonesia, sebagai tuan rumah," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara H Fitriady, Rabu.

Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama antara Dispora Kutai Kartanegara dan International Dragon Boat Federation (IDBF) tersebut kata Fitriady akan dipusatkan di sekitar Pulau Kumala, Tenggarong.

"Lokasi kegiatan lomba perau naga Internasional itu seluruhnya akan dipusatkan di Pulau Kumala, sedangkan lintasan lomba memakai alur Mahakam antara arah Pulau Kumala dengan turap di Timbau Tenggarong. Kemudian para pesertanya juga diinapkan di resort hotel Pulau Kumala," kata Fitriady.

Penyelenggaraan festival Perahu Naga Internasional tersebut kata dia, juga bertepatan dengan pesta adat seni dan budaya Erau, sehingga Tenggarong yang merupakan Ibu kota Kabupaten Kutai Kartanegara itu, bakal meriah.

Kegiatan perahu naga Internasional itu kata Fitriady merupakan ide Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari yang menginginkan agar daerah itu lebih dikenal, sekaligus sebagai promosi wisata.

Latar belakang kegiatan itu menurut dia, karena letak geografis Kota Tenggarong, yang dilintasi Sungai Mahakam, sehingga sebagai besar kegiatan masyarakatnya tak terlepas dari sungai terbesar dan terpanjang di Kaltim itu.

"Dengan begitu, lomba perahu naga yang merupakan olah raga tradisional, sangat berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik pariwisata daerah, yang tahun ini dikemas dalam pelaksanaan Erau," ujar Fitriady..

Sebagai pelaksana kegiatan tersebut, Fitriady mengaku telah menggandeng Ery Barlian sebagai konsultan yang kerap melaksanakan festival serupa di Padang, Sumatera Barat dam dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain diikuti peserta dari luarnegeri, festival perahu naga internasional itu juga akan diikuti utusan kabupaten/kota se-Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kalbar serta Kalimantan Utara.

Kelas yang akan dilombakan meliputi pertandingan campuran jarak tempuh 1.000 meter, kelas putra jarak 500 meter dan putri 500 meter.(*)

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014