Baghdad (ANTARA News) - Serangan-serangan bom dan penembakan di Irak, Rabu, menewaskan sedikitnya 12 orang, sebagian besar polisi dan prajurit, kata sejumlah pejabat.

Insiden mematikan itu terjadi sehari setelah gelombang serangan, termasuk sembilan bom mobil di Baghdad, menewaskan 42 orang, yang terakhir dari kekerasan yang menewaskan lebih dari 3.300 orang tahun ini.

Serangan paling mematikan terjadi di Tikrit dan Balad di provinsi Salaheddin sebelah utara Baghdad, dimana lima polisi dan satu prajurit tewas dalam penembakan-penembakan.

Di provinsi Nineveh di Irak utara, empat pemboman menewaskan seorang polisi dan seorang prajurit.

Di Baghdad, serangan-serangan menewaskan dua warga sipil, sementara di Jurf al-Sakhr ke arah selatan sebuah bom pinggir jalan menewaskan dua prajurit.

Serangan-serangan mematikan terakhir itu terjadi ketika para pejabat menghitung suara dalam pemilihan umum 30 April, pemilu yang pertama sejak pasukan AS meninggalkan negara itu pada akhir 2011, di tengah meningkatnya gelombang kekerasan yang menewaskan lebih dari 3.300 orang tahun ini.

Upaya pihak berwenang dalam beberapa bulan ini untuk mengendalikan kekerasan mematikan belum menunjukkan hasil yang berarti sejauh ini.

Lebih dari 700 orang tewas di Irak pada Februari, menurut data yang dihimpun AFP, misi PBB untuk Irak dan pemerintah Irak.

Kekerasan di Irak telah mencapai tingkatan yang belum pernah terlihat sejak 2008, ketika negara itu mulai bangkit dari konflik sektarian mematikan pada 2006-2007 yang merenggut puluhan ribu jiwa.

Sebanyak 1.013 orang -- 795 warga sipil, 122 prajurit dan 96 polisi -- tewas akibat kekerasan di negara itu pada Januari, menurut data resmi yang dihimpun kementerian-kementerian kesehatan, dalam negeri dan pertahanan.

Jumlah kematian pada Januari itu merupakan angka tertinggi yang dikeluarkan kementerian-kementerian itu sejak April 2008, ketika 1.073 orang tewas.

Data korban terkini itu mengkonfirmasi peningkatan kekerasan mematikan di Irak, yang dilanda serangan militan hampir setiap hari dan pengambilalihan sebuah kota penting yang merupakan ambang pintu menuju Baghdad dan daerah-daerah di sebuah kota lain oleh gerilyawan anti-pemerintah.

Tahun lalu merupakan masa paling mematikan di Irak sejak 2008 dimana hampir 9.000 orang tewas, menurut data PBB.

Ketegangan di Irak tinggi tahun ini sejak gerilyawan terkait Al Qaida dan militan Sunni lain menguasai kota Fallujah pada 1 Januari.

Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon menyatakan khawatir atas kekerasan yang terus berlangsung dan mendesak para pemimpin Irak menangani penyebab yang mendasarinya.

Gelombang pemboman dan serangan bunuh diri meningkat di tengah krisis politik antara Perdana Menteri Nuri al-Maliki dan mitra-mitra pemerintahnya dan pawai protes selama beberapa pekan yang menuntut pengunduran dirinya.

Irak dilanda kemelut politik dan kekerasan yang menewaskan ribuan orang sejak pasukan AS menyelesaikan penarikan dari negara itu pada 18 Desember 2011, meninggalkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Irak, demikian AFP.
(M014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014